Comscore Tracker

Rusuh di Manokwari, Bandara Rendani Beroperasi Normal

Pihak bandara masih tetap siaga

Jakarta, IDN Times - Kerusuhan terjadi di sejumlah titik di wilayah Manokwari, Papua Barat pada Senin (19/8). Sejumlah aktivitas masyarakat menjadi terhambat. 

Kendati demikian, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemeterian Perhubungan, memastikan kerusuhan yang terjadi tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Rendani, Manokwari.

1. Siapkan upaya preventif

Rusuh di Manokwari, Bandara Rendani Beroperasi NormalANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, mengatakan Bandar Udara Rendani masih dalam keadaan aman dan terkendali. Aktivitas penerbangan masih berjalan seperti biasa.

Dia mengimbau kepada seluruh stakeholder penerbangan untuk tetap siap siaga dan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan pelayanan.

“Kami terus berkoordinasi dengan Kepala Kantor Otoritas Wilaya IX dan kepala unit penyelenggara bandar udara Rendani Manokwari untuk terus melaporkan kondisi terbaru guna memastikan upaya preventif jika titik kerusuhan mendekati wilayah bandar udara,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/8).

Baca Juga: Wagub Papua: Suasana Berangsur Kondusif Pasca-Pembakaran di Manokwari

2. Kemenhub libatkan aparat kepolisian dan TNI

Rusuh di Manokwari, Bandara Rendani Beroperasi NormalIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Rendani, Juli Mudjiono, menjelaskan bahwa akses masuk menuju bandar udara sudah dilakukan penjagaan. 

"Kami melibatkan petugas keamanan dari TNI maupun Polri," ungkapnya.

3. Penumpang yang terdampak diberikan keringanan

Rusuh di Manokwari, Bandara Rendani Beroperasi NormalANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Juli menambahkan, bagi calon penumpang yang terdampak kerusuhan penutupan pada akses jalan dari kota Manokwari menuju Bandar Udara Rendani, akan dipindahkan ke penerbangan berikutnya. Langkah ini diberikan sebagai bentuk keringanan bagi masyarakat yang terdampak. 

“Ini adalah kebijakan maskapai penerbangan untuk mengganti penerbangan calon penumpang yang terdampak kerusuhan. Sementara, kerusuhan tidak berdampak pada penumpang yang tiba di Bandar Udara Rendani,” jelas Juli.

4. Belum ada keterlambatan

Rusuh di Manokwari, Bandara Rendani Beroperasi NormalIDN Times/Hana Adi Perdana

Juli juga memastikan bahwa hingga saat ini belum ada penerbangan yang mengalami keterlambatan. Dia berharap kerusuhan di Manokwari tidak mengganggu aktifitas di bandara.

“Hingga saat ini, belum ada penerbangan yang mengalami keterlambatan penerbangan. Operasional penerbangan masih berjalan aman dan terkendali,” tutup Juli.

Sekedar informasi, Bandar Udara Rendani memiliki panjang landasan (Runway) sepanjang 2.000 m x 45 m, dilayani sejumlah maskapai penerbangan seperti Batik Air dengan rute Jakarta-Manokwari PP, Jakarta-Makassar-Manokwari PP, Surabaya-Sorong-Manokwari PP, Sriwijaya Air dengan rute Jakarta-Makassar-Manokwari-Jayapura-Manokwari-Sorong-Manokwari-Makassar-Jakarta, Wings Air, Susi Air, dan AMA.

Baca Juga: Sempat Dikepung Demonstran, Bandara Sorong Papua Mulai Kondusif

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You