Comscore Tracker

Situs Indo XXI Diblokir Agar Tak Ganggu Perekonomian

Maraknya pembajakan bisa berdampak ke perekonomian

Jakarta, IDN Times - Situs web streaming, Indo XXI, tengah jadi sorotan. Sebab, Kominfo berencana memblokir situs yang memberikan layanan nonton film layar kaca secara gratis tersebut. 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan kebiasaan membajak film tidak boleh terjadi di Indonesia. Sebab, hal itu bisa berdampak pada perekonomian dalam negeri. 

"Kita harus jaga jangan sampai kebiasaan bajak dibiasakan lalu keseluruhan perekonomian kita jadi masalah karena negara lain menuntut kita," ujarnya di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (23/12). 

 

1. Indonesia terancam masuk daftar negatif oleh negara lain

Situs Indo XXI Diblokir Agar Tak Ganggu PerekonomianIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain itu, lanjut Johnny, maraknya pembajakan bisa membuat Indonesia masuk daftar negatif negara-negara lain. Oleh sebab itu pembajakan tidak boleh dibiarkan. 

"Kalau ada yang melanggar aturan, saling membajak kita harus jaga juga. Kalau bajak terus negara kita masuk ke daftar negatif negara lain," tuturnya.

2. Ada beberapa negara yang dituntut karena membiarkan maraknya pembajakan

Situs Indo XXI Diblokir Agar Tak Ganggu PerekonomianIndoxx1

Pria yang pernah menjadi anggota DPR periode 2014-2019 ini menyebut ada beberapa kasus pembajakan yang berimbas pada dituntutnya negara yang membiarkan terjadinya pembajakan. Namun, dia enggan menyebutnya secara spesifik.

"Ada negara lain itu, ada beberapa tidak perlu saya sebutkan, salah satunya sedang dituntut karena bajak-bajakan itu," ungkapnya. 

3. Johnny tak ingin masalah pembajakan mengganggu upaya pemerintah perbaiki iklim investasi

Situs Indo XXI Diblokir Agar Tak Ganggu PerekonomianIDN Times/Arief Rahmat

Saat ini, lanjut Johnny, pemerintah tengah berupaya memperbaiki iklim investasi. Perbaikan kebijakan terus didorong agar investasi bisa terserap dengan optimal di dalam negeri. 

Oleh karena itu, Johnny menilai penting menjaga kepercayaan investor. Dengan membiarkan maraknya pembajakan, itu artinya menghilangkan kepercayaan investor terhadap kredibilitas iklim usaha di dalam negeri. 

"Begini ya kita sedang membangun iklim investasi yang baik, kepastian usaha yang baik, membuat semarak ekonomi kita jangan sampai mengganggu ekonomi kita jadi tidak baik," ujarnya. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Situs Indo XXI Mau Diblokir, Menkominfo: Gak Bisa Seenaknya Blokir

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya