Comscore Tracker

Survei: Shopee hingga TikTok Shop Jadi Marketplace Pilihan Seller

Seller raup omzet jumbo

Jakarta, IDN Times - Belanja online melalui marketplace kini telah menjadi pilihan banyak masyarakat guna memenuhi kebutuhannya, tidak hanya pada hari biasa, tapi juga momen Ramadan dan Lebaran.

Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan secara online, marketplace juga telah menjadi platform berjualan yang diandalkan oleh para seller di Indonesia. Sejumlah manfaat dan kemudahan yang diberikan menjadi daya tarik yang membuat mereka memilih marketplace untuk membantu mengembangkan bisnisnya.

Berdasarkan hasil survei terbaru Ipsos, perusahaan riset pasar terkemuka global, tiga manfaat utama yang paling dirasakan oleh para online seller ketika menggunakan platform marketplace adalah membantu meningkatkan omzet penjualan (84 persen), memperluas jangkauan pasar (72 persen), serta membantu menghemat biaya promosi yang dikeluarkan (69 persen).

Ipsos juga melakukan survei terkait marketplace pilihan seller di Ramadan 2023. Siapa saja?

Baca Juga: Cara Kerja Shopee Affiliate dan Langkah-Langkahnya, Cek Yuk!

1. Shopee, Tokopedia dan TikTok Shop ada di urutan atas

Survei: Shopee hingga TikTok Shop Jadi Marketplace Pilihan SellerLogo Shopee (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dari hasil survei terbaru Ipsos, Shopee (65 persen) diasosiasikan sebagai marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis para online seller, berada di atas Tokopedia (16 persen), TikTok Shop (9 persen), serta Lazada (6 persen).

Selain itu, berdasarkan pilihan responden, Shopee (59 persen) juga menjadi marketplace di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online seller, diikuti oleh Tokopedia (20 persen) di urutan kedua, dan TikTok Shop (8 persen), dan Lazada (7 persen).

“Hadirnya marketplace membuat belanja online menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Seiring dengan kebutuhan ini, munculah para pelaku usaha yang mencoba untuk menjawab tingginya minat belanja online pembeli dengan mengandalkan marketplace sebagai platform berjualan mereka, yang akhirnya memberikan keuntungan bisnis bagi mereka," kata Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, Andi Sukma dalam keterangannya dikutip, Sabtu (25/3/2023)

2. Indikator survei

Survei: Shopee hingga TikTok Shop Jadi Marketplace Pilihan Sellerilustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Ipsos menggunakan beberapa indikator dalam survei tersebut untuk mengetahui seberapa baik citra pemain e-commerce atau marketplace di Indonesia menurut para seller.

  • Pada indikator Top Of Mind (TOM), Shopee unggul dibanding marketplace lainnya. Shopee (67 persen) menempati urutan pertama di benak online seller, diikuti oleh Tokopedia (16 persen), TikTok Shop (6 persen), serta Lazada (6 persen). Artinya ketika para online seller mendengar platform marketplace, Shopee menjadi merek yang pertama kali muncul di benak mayoritas seller.
  • Berdasarkan indikator Brand Used Most Often (BUMO), platform marketplace yang paling sering digunakan oleh mayoritas online seller adalah Shopee unggul di peringkat pertama dengan angka 80%, disusul oleh Tokopedia (10 persen), TikTok Shop (6 persen), dan Lazada (3 persen).
  • Selain itu, menggunakan pendekatan Loyalty Ratio, diketahui performa Shopee dinilai sangat baik dengan persentase 84 persen, diikuti oleh Tokopedia (14 persen), TikTok Shop (10 persen), dan Lazada (6 persen).

“Melalui hasil survey kami dengan indikator utama Top of Mind (TOM) dan Brand Used Most Often (BUMO), terlihat bahwa Shopee masih menduduki posisi pertama dibandingkan dengan kompetitornya. Tidak hanya itu, pada indikator Loyalty Ratio, Shopee juga mendapatkan skor tertinggi, yang artinya mayoritas online seller menjadikan Shopee sebagai platform marketplace andalannya,” jelas Andi.

Baca Juga: Ambil Paspor di Imigrasi Jakarta Timur Bisa Dikirim Lewat Marketplace

3. Faktor-faktor yang memengaruhi pilihan seller

Survei: Shopee hingga TikTok Shop Jadi Marketplace Pilihan SellerMarketplace pilihan seller sambut Ramadan 2023 berdasarkan survei Ipsos. (Dok. Ipsos)

Survei ini juga mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi para online seller dalam memilih platform marketplace yang mereka gunakan. Di mana 84 persen dari responden mengaku bahwa promosi dan kampanye tematik menjadi fitur yang paling sering dimanfaatkan dan membawa dampak positif terhadap bisnis mereka, disusul oleh fitur live streaming (81 persen), dan konten video singkat (55 persen).

Secara rinci, bila dibandingkan antara platform marketplace, lebih dari setengahnya menilai Shopee (62 persen) sebagai marketplace yang paling banyak menyediakan promo menarik bagi pelanggan, lalu diikuti oleh Tokopedia (16 persen), Tiktok Shop (12 persen), dan Lazada (6 persen).

Sementara untuk aspek kesesuaian produk yang dijual seller, Shopee masih unggul dengan 66 persen, diikuti dengan Tokopedia (15 persen), TikTok Shop (9 persen), dan Lazada di posisi terakhir (7 persen).

Sesuai temuan survei, fitur live streaming dapat membuat transaksi jual-beli antara seller dan pembeli menjadi lebih interaktif juga sangat diminati. Melihat hal ini para platform marketplace pun berlomba untuk menyediakan fitur live streaming seperti Shopee LIVE, Tokopedia Play, dan Laz Live.

Survei Ipsos menemukan bahwa 60 persen dari responden memilih Shopee sebagai marketplace dengan fitur interaktif terbaik, disusul oleh Tokopedia (18 persen), TikTok Shop (13 persen) dan Lazada (5 persen).

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya