Comscore Tracker

Tanpa Seremoni, Yogyakarta International Airport Beroperasi Besok

Seremoni peresmian ditiadakan, mencegah penyebaran COVID-19

Jakarta, IDN Times - PT Angkasa Pura I (Persero) resmi mengumumkan pengoperasian penuh Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) mulai Minggu, 29 Maret 2020. Pengoperasian penuh itu nantinya dilakukan tanpa seremoni. 

"Besok pagi (29 Maret 2020) kita akan sudah melaksanakan pengoperasian perdana secara penuh. Kita tidak akan melaksanakan kegiatan seremonial. Kita mengurasi risiko seminimal mungkin penyebaran virus corona," kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam video conference, Sabtu (28/3). 

1. Pemindahan maskapai akan dilakukan secara bergelombang

Tanpa Seremoni, Yogyakarta International Airport Beroperasi Besok(Ilustrasi) IDN Times/Hana Adi Perdana

Faik mengungkapkan, pemindahan dari Bandara Internasional Adisutjipto di Kabupaten Sleman, DIY ke YIA lantaran kapasitas di bandara sebelumnya kurang memadai. Pemindahan juga dilakukan secara bertahap terhadap maskapai-maskapai maupun stakeholder lainnya yang ada di bandara sebelumnya. 

"Pemindahan tidak serentak tapi bergelombang. Kita sudah lakukan 20 Maret. Biasanya kita sekaligus, stakeholder yang akan melakukan pemindahan kita lakukan secara berjadwal," ungkapnya.

Rencananya, penerbangan perdana bakal dilakukan oleh maskapai Batik Air menuju Samarinda dan Jakarta pukul 06.00 WIB. "Besok diperkirakan total ada 68 flight. Mudah-mudahan skenario yang kita siapkan bisa dilakukan dengan baik," tambahnya. 

Baca Juga: 5 Pilihan Moda Transportasi dari Jogja Menuju YIA, Plus Tarifnya

2. Pemindahan ke YIA membuat AP I bisa melakukan social distancing dengan baik

Tanpa Seremoni, Yogyakarta International Airport Beroperasi BesokIlustrasi - Penerapan social distancing -- IDN Times/Yogie Fadila

Penyebaran virus corona yang kian cepat membuat semua pihak mengambil langkah antisipatif, salah satunya adalah social distancing atau pshycal distancing. Faik mengatakan di Bandara Adisutjipto, itu sulit dilakukan lantaran kapasitas yang kurang memadai. Dengan pindahnya bandara ke YIA, maka penerapan pshycal distancing bisa diterapkan dengan baik. 

"Selain itu, di Bandara YIA secara khusus lakukan upaya menghindari COVID-19 sama social distancing. Jarak 1 meter. Kita terapkan antara penumpang itu jaraknya 2 meter. Kita sudah terapkan. YIA kita siapkan 20 juta penumpamg. Sehingga social distancing bergerak dengan baik," jelas Faik.

3. Tentang Bandara YIA

Tanpa Seremoni, Yogyakarta International Airport Beroperasi BesokBandara YIA - IDN Times/Siti Umaiyah

Bandara YIA terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Yogyakarta. Terminal YIA memiliki kapasitas 20 juta penumpang per tahun, jauh berbeda dengan Adi Sucipto yang hanya berkapasitas 1,8 juta penumpang.

Adapun AP I menghabiskan dana sebesar Rp10,5 triliun untuk pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta. Rinciannya, Rp6,1 triliun digunakan untuk pembangunan fisik sementara Rp4,4 triliun untuk pembebasan lahan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara YIA 28 Maret 2020

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya