Comscore Tracker

Tauberes dan 4 Anak Usaha Garuda Segera Dibubarkan Erick Thohir

5 anak usaha itu dinilai tak memberi manfaat

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal segera membubarkan anak usaha yang ada PT Garuda Indonesia (Persero). PT Garuda Tauberes adalah salah satu yang bakal dibubarkan. 

"Mohon dukungan kalau bisa tadi sedang diusulkan kepada bapak Presiden (Jokowi) dan menteri keuangan untuk mandat tambahan kita bisa memerger dan likuidasi," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (20/2). 

1. Ada 5 anak usaha yang bakal dibubarkan Erick Thohir

Tauberes dan 4 Anak Usaha Garuda Segera Dibubarkan Erick ThohirMenteri BUMN Erick Thohir (IDN Times/Shemi)

Pemilik Mahaka Group itu mengatakan bahwa ada lima anak usaha yang bakal dibubarkan. Bahkan, sudah ada usulan agar langkah tersebut bisa diakselerasi. 

"Karena memang sudah hasil rapat komisaris dan direksi mereka sudah mengusulkan ini perlu segera (dilikuidasi), karena memang tidak ada manfaatnya," ucap Erick.

2. Pembubaran tidak terkait salah dan benar

Tauberes dan 4 Anak Usaha Garuda Segera Dibubarkan Erick ThohirIDN Times/Candra Irawan

Erick menegaskan bahwa langkah tersebut dilakukan bukan atas dasar maupun benar. Likuidasi yang dilakukan Kementerian BUMN diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja perseroan. 

"Bukan salah dan benar mungkin pada sebelum-sebelumnya direction dan kebijakan belum maksimal, nah kita coba perbaiki," tegasnya.

3. Anak usaha Garuda cukup melimpah

Tauberes dan 4 Anak Usaha Garuda Segera Dibubarkan Erick ThohirGaruda Indonesia. (IDN Times/Mela Hapsari)

PT Garuda Indonesia Tbk sedikitnya memiliki 27 anak, cucu dan cicit perusahaan. Anak dan cucu perusahaan itu bergerak di berbagai bidang usaha, di antaranya Low Cost Carrier, Ground Handling, Inflight Catering, Maintenance Facility hingga Jasa Teknologi Informasi. 

Banyaknya anak dan cucu perusahaan itu membuat banyak pejabat-pejabat Garuda menduduki jabatan hingga komisaris. Saat ini, mereka yang menikmati jabatan tersebut sudah dicopot oleh Erick Thohir. Sebab, Erick tak ingin para direksi itu memanfaatkan anak usaha Garuda untuk meraih keuntungan pribadi. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: DPR Kritik Kebijakan Erick Thohir Soal Pemangkasan Deputi

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya