Comscore Tracker

Wacana Pemindahan Ibu Kota, RI Belajar dari Brasil

Indonesia dianggap punya banyak kesamaan dengan Brasil

Jakarta, IDN Times - Indonesia menjadikan Brasil sebagai salah satu inspirasi dalam upaya pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengaku senang bisa belajar dari Brasil. Apalagi, hubungan kedua negara juga cukup baik.

"Kita senang bisa belajar dari negara seperti Brasil," kata Bambang dalam Forum Merdeka Barat 9 di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (10/7).

1. Indonesia dianggap punya banyak kesamaan dengan Brasil

Wacana Pemindahan Ibu Kota, RI Belajar dari BrasilANTARA FOTO/Audy Alwi

Bambang mengatakan, Indonesia punya banyak kesamaan dengan Brasil. Salah satu kesamaan dari keduanya adalah sama-sama anggota negara G20.

"Brasil juga emerging market. Kedua negara sama-sama emerging yang berpotensi menjadi top 10 ekonomi dunia baik di 2030 maupun 2040. Wilayahnya juga sama besar. Nah yang berbeda Brasil itu kontinen kita ini kepulauan," tuturnya.

Baca Juga: Ini Konsep Pemindahan Ibu Kota dari Era Soekarno Hingga Jokowi

2. Pemindahan ibu kota berkaca pada negara lain

Wacana Pemindahan Ibu Kota, RI Belajar dari BrasilIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Bambang, pemindahan ibu kota bukan sesuatu yang baru dilakukan. Beberapa negara sahabat juga telah melakukannya. Sebut saja Brasil, Malaysia, Australia, hingga Amerika Serikat.

"Australia pernah memindahkan ibu kota dari Melbourne ke Canberra. Kemudian Pakistan dari Karachi ke Islamabad. Saat ini Mesir sedang membangun pusat pemerintahan yang baru tidak jauh dari Kairo," ungkapnya.

3. Tidak ingin pemindahan ibu kokta hanya jadi wacana

Wacana Pemindahan Ibu Kota, RI Belajar dari BrasilIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain itu, mantan Menteri Keuangan ini juga menegaskan jika pemerintah saat ini tidak ingin menjadikan pemindahan ibu kota hanya menjadi wacana. Dia menegaskan bahwa wacana tersebut harus segera direalisasikan.

"Buat Indonesia ini pernah diangkan sejak seokarno 1947 dan pak Harto di 1980. Pada kali ini kita ingin pindah secara konkrit. Nah kita harus belajar ini. Brasil sudah melakukan ini sejak tahun 1950," tandasnya.

Baca Juga: Pro-Israel, Presiden Brasil Akan Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You