Wisatawan Mancanegara ke RI Naik Tipis Juli 2019

Namun terjadi penurunan secara tahunan.

Jakarta, IDN Times - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sebesar 1,48 juta kunjungan. Jika dibandingkan dengan Juni 2019, terjadi kenaikan 2,04 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan kenaikan ini dipicu karena wilayah di Australia, Amerika Serikat hingga Eropa sedang memasuki masa cuti.

"Kenaikan ini karena cuti di belahan Australia, Amerika dan Eropa," ujarnya di kantor pusat BPS, Jakarta, Senin (2/9).

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan Mancanegara Meningkat, Terbanyak dari Timur Tengah

1. Jumlah kunjungan wisman secara tahunan mengalami penurunan

Wisatawan Mancanegara ke RI Naik Tipis Juli 2019Dok.IDN Times/Istimewa

Jika dilihat secara tahun ke tahun (year on year/yoy), jumlah kunjungan wisman malah turun 4,10 persen. Pada Juli 2018, jumlah kunjungan wisman mencapai 1,55 juta kunjungan. "Dibandingkan tahun lalu jumlah ini turun 4,10 persen," ucapnya.

2. Peningkatan dan penurunan wisman di bandara

Wisatawan Mancanegara ke RI Naik Tipis Juli 2019IDN Times/Surya Aditya

Suhariyanto mengungkapkan, peningkatan jumlah wisman pada Juli 2019 terjadi di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, yang naik 57,7 persen. Peningkatan terbesar kedua terjadi di Bandara Husein Sastranegara, Bandung yang naik 44,18 persen.

"Penurunan terbesarnya di Bandara internasional Lombok disusul Juanda, Surabaya. Biasanya bulan depan naik terus turun lagi dan akan naik lagi di musim liburan," jelas dia.

3. Tingkat Penaghunian Kamar (TPK)

Wisatawan Mancanegara ke RI Naik Tipis Juli 2019IDN Times/Hendra Simanjuntak

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada Juli 2019 mencapai rata-rata 56,73 persen atau turun 2,57 poin dibandingkan dengan TPK Juli 2018 yang tercatat sebesar 59,30 persen. Sementara itu, jika dibandingkan TPK Juni 2019, TPK hotel klasifikasi bintang pada Juli 2019 mengalami kenaikan sebesar 4,46 poin.

Baca Juga: Dongkrak Kunjungan Wisman ke Danau Toba, Kemenpar Promosi di Negeri Jiran

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya