Comscore Tracker

3 Jurus Atasi Boros Setelah Libur Lebaran

Padahal gajian masih lama

Jakarta, IDN Times - Salah satu masalah yang timbul setelah libur Lebaran adalah masalah keuangan. Kita gak sadar banyak menghabiskan dana saat Lebaran, yang bahkan mengabaikan anggaran yang telah dibuat alias boros.

Perencana keuangan Finansialku.com, Rista Zwestika, mengatakan hal itu bisa terjadi karena banyak orang ingin menyenangkan orang-orang di sekitarnya seperti sanak saudara.

"Bisa juga kamu kebanyakan gaya, memang sedang banyak kebutuhan, atau kamu memang tidak bisa disiplin pada catatan anggaran yang kamu pegang," kata Risa kepada IDN Times, Jumat (21/5/2021).

Padahal masih ada seminggu lagi sampai gajian pada bulan berikutnya. Terus bagaimana solusinya? Berikut ini adalah sejumlah jurus mengatasi pembrosan setelah Lebaran.

Baca Juga: 5 Dampak Positif yang Terjadi jika Kamu Terus Berhemat di Usia Muda 

1. Cek tiga hal penting ini dulu

3 Jurus Atasi Boros Setelah Libur LebaranIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Rista menyarankan kamu mengecek tiga hal, yakni pengeluaran selama Lebaran, utang baru selama Lebaran, hingga dana darurat yang kamu punya.

"Apakah sesuai dengan yang sudah dianggarkan atau tidak. Cek dana darurat juga apakah terpakai atau tidak," katanya.

2. Buat anggaran keuangan dengan sisa uang yang ada

3 Jurus Atasi Boros Setelah Libur LebaranIlustrasi neraca perdagangan. (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah kamu mengecek tiga hal di atas, selanjutnya kamu perlu dan harus membuat budgeting atau menganggarkan ulang keuangan kamu dengan sisa uang yang ada.

"Ini penting, jangan sampai kita justru menambah utang lagi, ya," pesan Rista.

3. Perketat pengeluaran dan jeli lihat peluang

3 Jurus Atasi Boros Setelah Libur LebaranIlustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Mulai dari sekarang sampai sebelum gajian, kamu mau tidak mau perketat pengeluaran dan disiplin. Jangan sampai kamu justru membeli barang yang tidak perlu, apalagi menambah utang.

"Kamu juga harus tetap fokus melihat peluang kerjaan yang bisa menambah pemasukan dan bisa memenuhi pos-pos (keuangan) yang sudah terpakai, atau membayar utang baru yang terbentuk," kata Rista.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, 5 Tips Berhemat yang Paling Mudah Dilakukan

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya