Comscore Tracker

3 Prioritas Utama KADIN di Forum B20, Apa Fokus Para Pengusaha?

KADIN ajak dunia usaha manfaatkan forum B20

Jakarta, IDN Times - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia memiliki tiga prioritas utama untuk memastikan keselarasan dengan tema B20 yakni "Advancing Innovative and Collaborative Growth". Ketua Umum KADIN, Arsjad Rasjid mengatakan tiga prioritas tersebut adalah global health, energy transition, dan digital trandormastion.

"KADIN mendorong anggota B20 dan masyarakat secara luas untuk berpartisipasi aktif mengambil tindakan nyata dan mendorong kolaborasi dalam rangka memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi negara-negara G20," kata Arsjad dalam acara B20 Indonesia Inception Meeting 2022, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: KADIN Ungkap Tantangan Ekonomi Indonesia di 2022

1. Empat fokus program kerja KADIN dalam lima tahun ke depan

3 Prioritas Utama KADIN di Forum B20, Apa Fokus Para Pengusaha?Ketua Kadin Arsjad Rasjid saat diwawancarai oleh IDN Times pada Selasa (14/12/2021). (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Pada kesempatan itu, Arsjad memaparkan KADIN telah menetapkan 17 program untuk lima tahun ke depan yang berfokus pada empat prioritas utama. Keempat prioritas program kerja tersebut adalah untuk membantu dunia usaha dalam menghadapi tantangan akibat pandemik COVID-19.

Pertama, memulihkan kesehatan dan meningkatkan infrastruktur kesehatan nasional. Kedua, meningkatkan ekonomi nasional dan daerah.

"Ketiga, mendorong kewirausahaan dan membangun kapabilitas, serta keempat memperkuat internal organisasi dan regulasi," ucap Arsjad.

Baca Juga: Bisnis yang Prospeknya Cerah di 2022? Intip Bocoran dari KADIN

2. Pentingnya pemulihan ekonomi Indonesia bagi dunia

3 Prioritas Utama KADIN di Forum B20, Apa Fokus Para Pengusaha?Ilustrasi ekonomi terdampak pandemik COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Arsjad mengatakan pertumbuhan ekonomi global sangat penting bagi pemulihan, ketahanan dan pertumnuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Sebaliknya, pemulihan ekonomi Indonesia juga akan berpengaruh positif pada seluruh dunia.

"Dan sebagai perekonomian terbesar di Asia Tenggara, dan negara dengan populasi terbanyak keempat di dunia, kami sangat yakin pemulihan ekonomi Indonesia akan berimbas positif ke seluruh dunia," ucap Arsjad.

3. Pentingnya acara B20 untuk seluruh warga dunia

3 Prioritas Utama KADIN di Forum B20, Apa Fokus Para Pengusaha?Ketua KADIN Arsjad Rasjid (IDN Times/Tata Firza)

CEO Indika Group ini mengatakan forum B20 yang dicita-citakan KADIN tidak hanya ditujukan untuk kepentingan sekelompok pemimpin bisnis global saja. Namun menurutnya acara forum B20 ditujukan untuk seluruh warga dunia khususnya UMKM agar dapat mengerti dan ikut serta dan merasakan manfaat dari kerja sama ini.

"KADIN sangat mendorong dunia usaha untuk menggunakan forum B20 untuk saling berbagi informasi dan teknologi, mengembangkan solusi yang produktif dan inovatif, serta meningkatkan kerja sama baik di tingkat sektoral dan lintas sektoral, regional, nasional dan internasional," katanya memaparkan.

Baca Juga: Pelaksana B20, KADIN Optimistis RI Jadi Pusat Investasi Dunia

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya