Comscore Tracker

4 Cara Promosi Bisnis Kamu di Instagram Biar Makin Cuan

Gak sekadar asal posting, ini triknya!

Jakarta, IDN Times - Punya Instagram kini tidak hanya untuk mengunggah momen berharga kamu, tapi bisa juga untuk berbisnis. Tentunya, dengan memiliki atau mengubah akun kamu menjadi akun Instagram Bisnis, kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan untuk bisnis yang kamu miliki.

Eits, tapi ingat, untuk berjualan di Instagram, kamu tidak bisa asal mengunggah loh. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar bisnis kamu makin dikenal banyak orang dan menghasilkan cuan berlimpah.

Berikut ini cara yang harus kamu lakukan untuk promosi bisnis di Instagram.

Baca Juga: Tips Sukses Raup Cuan dari Bisnis Reseller

1. Tentukan dulu panduan merek usaha kamu

4 Cara Promosi Bisnis Kamu di Instagram Biar Makin CuanIlustrasi media sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kamu bisa menentukan panduan merek mulai dari nama bisnis kamu, jenis huruf yang kamu gunakan untuk desain pada unggahan kamu, warna, hingga tema untuk feed Instagram kamu.

Kamu bisa menggunakan dua hingga tiga jenis huruf dan warna yang akan kamu gunakan terus-menerus. Dengan menerapkan panduan merek ini secara konsisten, akan membuat orang cepat mengenal bisnis kamu.

2. Pastikan semua informasi ada di profil Instagram Bisnis

4 Cara Promosi Bisnis Kamu di Instagram Biar Makin Cuanilustrasi bisnis (IDN Times/Aditya Pratama)

Instagram Bisnis punya fitur di mana kamu bisa menaruh link atau situs bisnis kamu. Baik yang ada di e-commerce atau website kamu sendiri. Kamu juga harus melengkapi informasi yang ada di profil Instagram Bisnis kamu.

Isi kontak atau nomor telepon, alamat bisnis, email, hingga order food jika kamu berjualan makanan.

3. Buat perencanaan konten yang baik

4 Cara Promosi Bisnis Kamu di Instagram Biar Makin CuanIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Mempromosikan bisnis di Instagram gak cuma sekadar berjualan dengan mengunggah jualan kamu. Kamu bisa mengatur konten di Instagram kamu agar tampak menarik.

Misalnya, dengan mengatur konten yang berisikan edukasi mengenai jenis bisnis kamu, konten berupa kuis, ucapan selamat hari besar atau lainnya, promosi diskon, hingga keunggulan bisnis kamu dengan bisnis pesaing.

Unggah secara rutin baik setiap hari atau dua hari sekali di Instagram post maupun Instagram Story.

3. Gunakan hashtag

4 Cara Promosi Bisnis Kamu di Instagram Biar Makin Cuanunsplash.com/Jan Baborák

Hashtag berfungsi seperti frasa ajakan bertindak, di mana pengguna berinteraksi dengan merek atau sebuah bisnis. Dengan menggunakan tanda pagar, kamu memberi konsumen metode lain untuk mengingat merek yang kamu jual.

Jangan hanya membuat satu hashtag. Idealnya hashtag yang digunakan pada banyak media sosial adalah tiga hingga lima hashtag. Pastikan hashtag ini adalah sesuatu yang akan melekat pada konsumen kamu dengan cara yang positif.

Baca Juga: Tips bagi Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis Online

4. Iklankan konten kamu di Instagram

4 Cara Promosi Bisnis Kamu di Instagram Biar Makin CuanIlustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan Instagram Bisnis, kamu dapat mempromosikan konten bisnis kamu, sehingga bisa dilihat banyak orang. Setiap kali kamu mengunggah konten, biasanya ada tulisan "Boost post" di kanan bawah unggahan kamu.

Ada tiga pilihan, yakni membuat orang lebih banyak berkunjung ke akun bisnis kamu, membuat orang lebih banyak berkunjung ke website bisnis kamu, atau mendapatkan lebih banyak pesanan.

Nantinya, kamu tinggal mengatur target pelanggan yang kamu targetkan hingga biaya dan durasi yang kamu inginkan.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya