Comscore Tracker

4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan Puasa

Biar tetap aman sampai Lebaran.. #RamadanMasaKini

Jakarta, IDN Times - Puasa harusnya kita bisa menahan diri segala macam godaan dan hawa nafsu. Nyatanya, kebanyakan dari kita tidak sadar menghabiskan banyak uang untuk buka puasa bersama sampai beli baju baru jelang Lebaran.

Ekonom PT Bank Central Asia Tbk, David Sumual memberikan kamu 4 tips mengelola keuangan saat bulan puasa biar gak boros. Apa saja itu?

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Bermodal Murah untuk Raup Untung selama Ramadan

1. Pilih buka puasa bersama yang sudah direncanakan sebelumnya

4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan Puasahttps://www.pexels.com/rawpixel.com

Dapat undangan buka puasa dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, rekan kerja, keluarga, geng terdekat kamu, komunitas dan lain sebagainya. Kamu gak bisa pilih semuanya. Ingat budget kamu.

"Kan biasanya ada yang sejak awal diinfokan, bukan yang dadakan dan itu harus kita hindari. Sehingga anggaran kita tidak akhirnya bobol," kata David saat dihubungi IDN Times.

2. Atur budget untuk acara yang penting dan gawat

4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan PuasaIlustrasi Restoran di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Kedua, penting nih untuk membagi kategori acara saat bulan puasa: Mana yang penting dan gawat atau urgent, mana yang gawat tapi gak penting atau sebaliknya dan juga mana yang tidak penting dan tidak urgent.

"Kita dahulukan yang penting dan urgent. Kalau tidak penting dan tidak urgent itu yang terakhir," ujar David.

"Yang penting kan seperti hubungan bisnis dengan kolega ya kita harus datang. Kalau dia urgent tapi tidak penting nah itu kita gimana kita pilah-pilahnya. Atau kita delegasikan kalau di kantor ke yang lain," imbuhnya.

Baca Juga: Sanksi dan Denda Menanti Perusahaan yang Telat dan Tidak Bayar THR

3. Baju masih bisa pakai yang lama kok

4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan Puasaunsplash.com

Kamu gak perlu gengsi memakai baju yang lama saat bulan puasa atau lebaran. Jadi jangan habiskan semua tunjangan hari raya (THR) kamu untuk beli baju atau sepatu baru ya.

"Setelah lebaran nanti ada silaturahim lagi. Itu yang secara musiman meningkat. Belum belanja terkait pakaian. Tapi sebenarnya pada saat yang sama kalau kita pintar mengelola keuangan, kita juga dapat THR. Itu gak semua barang yang kita pakai, misal pakaian bisa dipakai lagi untuk tahun berikutnya," papar David.

4. Jangan habiskan THR untuk konsumsi makanan dan pakaian

4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan PuasaPixabay/kschneider2991

Dari sekarang, yuk kita coba bagi THR yang nanti kita dapat bukan cuma untuk foya-foya beli makanan dan pakaian baru. Sisihkan juga untuk investasi ya.

"Jangan setelah lebaran THR habis dan tidak ada uang tersisa untuk investasi. Sebenarnya ada kelebihan uang di THR itu karena 1 bulan gaji. Jangan semua habis untuk konsumsi, ada yang disisihkan untuk investasi," kata David menyarankan.

Sudah siap mengelola keuangan kamu jelang puasa dari sekarang?

Baca Juga: Cara Memastikan Kesehatan Finansial sepanjang Puasa Ramadan

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya