Comscore Tracker

4 Tujuan Utama Ada Diskon Besar Saat Pencoblosan Pemilu 

Bukan sekedar mengurangi angka golput

Jakarta, IDN Times – Pada saat pencoblosan 17 April 2019, banyak berbagai merek yang menawarkan diskon bagi kamu yang telah menggunakan hak suara. Salah satunya adalah KlingKing Fun: Pesta Diskon Anti Golput.

Tokoh pengusaha nasional Sofjan Wanandi yang juga Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan salah satu alasan diadakannya acara ini adalah untuk mengurangi angka golongan putih (golput).

“7 bulan kampanye kita merasa perlu keterlibatan masyarakat dalam pemilu agar tidak golput,”kata Sofjan dalam jumpa pers di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (15/4).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menambahkan pentingnya masyarakat untuk tidak golput. “Karena salah satu ukuran sukses pemilu adalah peserta sebanyaknya. Dan kita lebih banyak presentasenya dibanding Amerika sebagai negara demokrasi,”imbuhnya.

Selain meminimalkan angka golput di Pilpres 2019 ini, ada beberapa alasan lain di balik pemberian diskon hingga 50 persen oleh 250 merek yang tergabung dalam KlingKing Fun ini.

1. Meningkatkan partisipasi pemilu hingga 80 persen

4 Tujuan Utama Ada Diskon Besar Saat Pencoblosan Pemilu Pixabay

Klingking Fun menyasar 192 juta pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019. Tingkat partisipasi pemilih di pemilu-pemilu Indonesia di Era Reformasi tergolong sangat tinggi yakni 84 persen pada Pemilu 2004, 71 persen pada Pemilu 2009, dan 74 persen pada Pemilu 2014 lalu. KPU menargetkan tingkat partisipasi pada Pemilu 2019 mencapai 77,5 persen.

“Mudah-mudahan dengan adanya KlingKing Fun ini, tingkat partisipasi pemilih bisa kita tingkatkan hingga mencapai 80%,” kata Sofjan, optimistis.

2. Menyatukan kembali masyarakat yang sempat terpecah

4 Tujuan Utama Ada Diskon Besar Saat Pencoblosan Pemilu unsplash.com/Jorge Flores

Masyarakat sempat terpecah dalam Pilpres 2019 ini menjadi 2 kubu, pendukung Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Dengan adanya diskon ini, Sofjan berharap dapat kembali menyatukan masyarakat.

“Apakah kita pendukung nomor 1 atau nomor 2, kita lihat hasilnya nanti. Kita berteman kembali dan bersatu,” ujarnya.

3. Menghilangkan stres pascapemilu

4 Tujuan Utama Ada Diskon Besar Saat Pencoblosan Pemilu Unsplash.com/ Tim Gouw

Diskon besar pada saat hari pencoblosan ini diharapkan Sofjan juga dapat menjadi pereda stress pascapemilu.

“Semua pengusaha kita libatkan untuk berikan diskon kesempatan orang belanja, makan dan sebagainya dalam 1 hari merayakan pesta demokrasi. Kita ribut di medsos segala macam. Jadi kita semua stres. Untuk hilangkan stres ini supaya kita bergembira,” jelas Sofjan.

4. Menggerakan kembali perekonomian

4 Tujuan Utama Ada Diskon Besar Saat Pencoblosan Pemilu pexel.com

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menambahkan, alasan lain diadakan acara ini adalah untuk kembali menggerakan perekonomian Indonesia.

“Kami ingin kampanyekan pasar dalam negeri, baik perusahaan besar atau kecil yang terus kita dorong agar neraca perdagangan kita tidak timpang.  Nerca dagang bukan hanya ekspor impor, tapi bagaimana produk luar negeri bisa disubtitusi oleh produk dalam negeri,” jelasnya.

Baca Juga: Jangan Sampai Gak Nyoblos, Ada 250 Merek yang Diskon Loh!

Topic:

  • Anata Siregar

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 17:20:40

Progress: 312.552 dari 813.350 TPS (38.42774%)

Just For You