Comscore Tracker

5 Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut 233 Penerbangan Haji  

Akan disiagakan petugas untuk membantu juga

Jakarta, IDN Times – PT Angkasa Pura II (Persero) akan menyambut kedatangan jemaah haji dari Tanah Suci mulai 17 Agustus 2019 hingga 15 September 2019.

Akan ada 5 bandara yang akan dioperasikan untuk sambut jemaah haji. Yakni: Soekarno-Hatta (Tangerang), Sultan Iskandar Muda (Aceh), Kualanamu (Deli Serdang), Minangkabau (Padang), dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali

1. Akan disiagakan petugas untuk membantu

5 Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut 233 Penerbangan Haji  ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Ph.SVP of Corporate Secretary Angkasa Pura II Achmad Rifai mengatakan di setiap bandara yang menjadi debarkasi penerbangan haji telah disiagakan personel guna membantu kelancaran proses kedatangan jemaah haji.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Angkasa Pura II dapat melayani dan menyambut kedatangan jemaah haji dari Tanah Suci. Angkasa Pura II bersama seluruh stakeholder di bandara berkomitmen agar operasional penerbangan haji berjalan lancar, begitu juga dengan proses kedatangan para jemaah,” jelas Achmad Rifai dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/8).

2. Sudah ada jemaah haji yang tiba

5 Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut 233 Penerbangan Haji  ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Adapun pada 17 Agustus 2019 sekitar pukul 22.15 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah mendarat Saudi Arabia Airlines nomor penerbangan SV 5606 yang membawa 410 jemaah haji dari Jeddah.

3. Ada 233 penerbangan mengantar jemaah haji pulang

5 Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut 233 Penerbangan Haji  Dok. Angkasa Pura II

Achmad Rifai mengatakan total terdapat sebanyak 233 penerbangan yang akan mengantar para jemaah haji pulang ke Tanah Air melalui bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II.

“Angkasa Pura II siap mendukung agar seluruh operasional penerbangan tersebut lancar dengan tingkat ketepatan waktu atau on time performance yang tinggi,” ujar Achmad Rifai.

Adapun pada periode keberangkatan haji yakni 6 Juli – 4 Agustus 2019, seluruh penerbangan di bandara-bandara Angkasa Pura II berjalan lancar tanpa kendala.

Baca Juga: Sebanyak 447 Jemaah Haji Debarkasi Palembang Tiba di Bumi Sriwijaya 

4. Peningkatan berbagai fasilitas

5 Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut 233 Penerbangan Haji  Dok. Angkasa Pura II

Peningkatan pelayanan juga dilakukan di terminal penumpang melalui berbagai inovasi seperti misalnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memiliki fasilitas lounge bagi jamaah haji hasil kerja sama dengan pemerintah Arab Saudi.

Fasilitas dimaksud dibangun di Terminal 2D, memiliki kapasitas 1.500 orang, dilengkapi toilet, musala, serta 15 loket Imigrasi/ pre-clearence system untuk percepatan layanan keimigrasian Arab Saudi. Fasilitas tersebut pun dipuji oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai suatu kemajuan yang dapat mempersingkat birokrasi.

Baca Juga: Ini Jadwal Kedatangan Penerbangan Haji di Bandara Angkasa Pura II

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You