Comscore Tracker

5 Cara Dapat Banyak Penonton dan Uang dari YouTube

Kamu harus coba tips dari ahlinya!

Jakarta, IDN Times - Salah satu YouTuber Evan Carmichael baru beberapa waktu lalu telah berhasil menembus 2 juta subscriber. Evan banyak memberikan tips hidup produktif, kisah inspiratif, dan juga bisnis.

Beberapa pekan lalu, Evan menjadi pembicara di perusahaan Easier Life Mastery Summit. Founder Authority Factory, Ken Dunn sempat mewawancarai Evan, bagaimana dia berhasil menghasilkan konten yang menarik dan menguntungkan.

Berikut lima tips dari Evan buat kamu yang ingin sukses menjadi YouTuber seperti dikutip dari Entrepreneur.

1. Fokus jangka panjang untuk channel kamu

5 Cara Dapat Banyak Penonton dan Uang dari YouTubeIlustrasi (IDN Times/Helmi Shemi)

Kamu tahu, pertama kali Evan mengunggah videonya adalah 10 tahun lalu. Kala itu, sama sekali tidak ada yang menonton, loh. Tapi sekarang dia sudah punya 6.000 video di channel-nya.

Ia menyarankan kamu agar tidak perlu repot-repot menjadi YouTuber, kecuali kamu punya fokus jangka panjang, buat memperjuangkan channel kamu. Apakah kamu siap?

Baca Juga: 5 Smartphone High-End Samsung 2020 untuk Vlogger dan YouTuber

2. Durasi 10 menit pertama jadi kunci konten video kamu

5 Cara Dapat Banyak Penonton dan Uang dari YouTubeIlustrasi Bekerja Redaksi (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Evan menjelaskan YouTube menyukai video yang lebih panjang. Jadi, kalau kamu tidak bisa berbicara atau punya konten selama 10 menit tanpa pengulangan, mending kamu jangan menjadi YouTuber.

Alasan kenapa video yang lebih panjang lebih bagus, karena akan memungkinkan YouTube untuk memasang iklan di tengah video, sehingga kamu bisa mendapat upah atau cuan dari YouTube.

3. Gaet penonton orang lain agar menonton channel kamu

5 Cara Dapat Banyak Penonton dan Uang dari YouTubeUnsplash/Noorwood Themes

Ada cara menarik agar penonton kamu bertambah: Wawancara sesama YouTuber dengan penonton yang banyak. Dengan begitu, kamu akan 'memaksa' penonton YouTuber lain melihat video yang kamu unggah.

Setelah mengunggah video, kamu dapat menjalankan beberapa trik iklan yang mengikat penonton YouTuber lain, dan menarik mereka ke channel kamu.

4. Gunakan kembali konten yang mendapat perhatian besar

5 Cara Dapat Banyak Penonton dan Uang dari YouTubeIlustrasi media sosial (Sukma Shakti/IDN Times)

YouTube punya analitik video yang luar biasa. Setelah video kamu diterbitkan, kamu dapat melihat kembali dan menentukan bagian mana dari video yang paling banyak mendapat perhatian.

Di sini, Evan biasanya mengunduh video dia lagi, memotong bagian-bagian terbaik dan menggunakan potongan-potongan video itu sebagai konten baru di Facebook, Instagram, dan sebagainya.

5. Jangan cuma fokus di YouTube

5 Cara Dapat Banyak Penonton dan Uang dari YouTubeIlustrasi Bekerja Redaksi (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Kamu juga harus aktif di berbagai media sosial yang ada, untuk menarik penonton atau pengikut kamu, supaya mereka bisa melihat konten kamu.

Evan biasa melakukan Instagram Live tiap hari dan kadang 'meretas' penonton influencer lain, serta mengarahkan mereka ke channel YouTube-nya.

Nah, apakah kamu sudah siap menjadi YouTuber?

Baca Juga: 5 YouTuber Cewek Indonesia yang Punya Konten Unik

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya