Comscore Tracker

5 Cara Mengaktifkan WhatsApp Business dan Fitur Katalognya

Jadi makin mudah bisnis nih

Jakarta, IDN Times - Apakah kamu perlu fitur yang paling mudah untuk mempromosikan bisnismu sekaligus menjangkau para pelanggan secara mudah? Bagi kamu yang baru merintis bisnis, kamu mungkin perlu mencoba WhatsApp Business.

WhatsApp Business diluncurkan ada 2018 oleh Meta Platforms Inc atau Facebook Inc pada saat itu. Platform ini ditujukan pengguna yang memiliki usaha atau ingin memulai usaha.

Salah satu fitur andalan WhatsApp Business adalah Katalog. Fitur yang diluncurkan pada 7 November 2019 ini, memudahkan penjual dan pembeli untuk mengetahui barang apa, harga serta keterangan produk yang dijual. 

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp Business, yuk ikuti 5 cara mudah berikut ini. 

Baca Juga: 7 Manfaat Promosi untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Penjualan!

1. Unggah dan instal WhatsApp Business

5 Cara Mengaktifkan WhatsApp Business dan Fitur Katalognyailustrasi WhatsApp Business (truust.io)

Pertama,  cukup mengunggah WhatsApp Business yang ada di App Store atau Google Play Store. Selanjutnya akan diminta meregistrasi nomor handphone

Jika hanya memiliki satu nomor, kamu akan ditanya apakah yakin menjadikan nomor tersebut sebagai nomor bisnis. 

2. Isi profil bisnis kamu

5 Cara Mengaktifkan WhatsApp Business dan Fitur KatalognyaPeluncuran fitur Catalog pada WhatsApp Business. (IDN Times/Shemi)

Selanjutnya, kamu akan diminta mengisi nama bisnis dan jenis bisnis, penjelasan usaha dan juga alamat usaha. Begitu tampilan chat muncul, di bagian atas akan muncul "Describe your business. Tap to edit".

Di sini, akmu akan diminta mengisi profil bisnis seperti alamat website, lokasi. Kamu juga bisa memberitahu jam operasional usaha di sini. 

Jika melewatkan pop up notification atau pemberitahuan untuk mengisi profil, kamu bisa memilih titik tiga yang ada di bagian kanan atas. Pilih business settings, business profile, lalu pilih tanda pensil.

Baca Juga: Tips Jualan Online di WhatsApp, Bisa Makin Dekat dengan Pelanggan!

3. Mengaktifkan fitur Katalog

5 Cara Mengaktifkan WhatsApp Business dan Fitur KatalognyaPeluncuran fitur Catalog pada WhatsApp Business. (IDN Times/Shemi)

Jika kamu ingin mengaktifkan fitur Katalog, kembali ke Business Settings lalu pilih Katalog. Lalu, pilih add product or service. Pilih add image dan beri nama produk kamu serta harganya.

Kamu juga bisa menambahkan keterangan lain dengan mengklik more field. Lalu, isi deskripsi produk, tautan ke website atau media sosial, serta kode produk atau jasa.

4. Pesan otomatis untuk menyapa balik pelanggan

5 Cara Mengaktifkan WhatsApp Business dan Fitur KatalognyaPeluncuran fitur Catalog pada WhatsApp Business. (IDN Times/Shemi)

Sebagai penjual, tentu tidak ingin membuat pelanggan menunggu. WhatsApp Business memungkinkan penjual menyapa pelanggan saat mereka mengontak kamu.

Caranya, pilih titik tiga di pojok kanan atas chat, settings, business settings, pilih greeting message. Aktifkan greeting message dengan swipe (menggeser) ke kanan. Pilih tanda pensil untuk mengubah pesan sapaan. Kamu juga bisa menentukan kepada siapa pesan itu dikirimkan.

Kalau sedang tidak memegang handphone atau mengaktifkan WhatsApp, kamu bisa memberi pesan pelanggan dengan memilih away message. Caranya sama seperti seperti greeting message. Bedanya, kamu bisa mengatur kapan kamu off atau tidak mengaktifkan WhatsApp.

Misal toko kue sudah tutup dan tidak melayani sejak pukul 21.00 hingga 09.00, tinggal mengubah start time dan end time saja.

Baca Juga: Kenali Fitur Katalog di WhatsApp Business, Kamu Jadi Bisa Jualan di WA

5. Fitur balas cepat

5 Cara Mengaktifkan WhatsApp Business dan Fitur KatalognyaPeluncuran fitur Catalog pada WhatsApp Business. (IDN Times/Shemi)

WhatsApp Business memungkinkan membalas pesan pelanggan dengan cara yang sama atau template.

Masih pada bagian business settings, pilih quick replies. Kamu bisa mengubah dan menambahkan pesan cepat atau template apa saja yang ditulis. Begitu selesai, bisa mencobanya dengan mengirimkan pesan ke pelanggan. Caranya, pilih garis miring (/), nantinya pesan cepat yang telah ditentukan sebelumnya akan keluar.

Mudah bukan menggunakan WhatsApp Business. Dengan begini usahamu akan lebih efisien.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya