Comscore Tracker

5 Perbedaan Instagram Bisnis dan Personal 

Keduanya menawarkan fitur-fitur yang berbeda

Jakarta, IDN Times - Instagram tidak hanya sekadar media sosial untuk berbagi saja, namun kini banyak dimanfaatkan untuk membangun sebuah bisnis. Berdasarkan laporan We Are Social dan Hootsuite, pada Januari 2021, Instagram menjadi salah satu media sosial favorit di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Instagram mampu menjangkau 85 juta di Indonesia loh.

Untuk mengembangkan bisnis, Instagram memiliki fitur yang disebut dengan Instagram Bisnis.

Melalui fitur tersebut, memungkinkan sebuah bisnis melacak keterlibatan dan interaksi mereka. Profil Instagram Bisnis menawarkan lebih banyak alat analitis daripada akun pribadi. Alat ini dapat membantu kamu lebih memahami pelanggan dan meningkatkan jangkauan bisnis.

Nah berikut ini adalah perbedaan Instagram Bisnis dan personal dilansir sejumlah sumber.

Baca Juga: 5 Perbedaan Distributor dan Agen, Yuk Pahami!

1. Instagram Bisnis punya fitur premium

5 Perbedaan Instagram Bisnis dan Personal Ilustrasi (IDN Times/Lazuardi Putra)

Seperti disebutkan di atas, akun Instagram Bisnis menawarkan berbagai data dan statistik pada kontennya. Dengan Instagram Bisnis, kamu bisa mendapatkan sejumlah fitur yang memungkinkan calon pelanggan untuk menjangkau bisnis kamu.

Saat meningkatkan posting bisnis kamu dengan iklan Instagram, kamu dapat memilih audiens target dan menetapkan anggaran. Instagram nantinya akan mempromosikan postingan dan menyertakan hasil pembelanjaan iklan kamu di tab Insights.

Baca Juga: Promosikan Budaya Indonesia Melalui Media Digital

2. Kamu bisa dapatkan analisa dari konten dan profil kamu

5 Perbedaan Instagram Bisnis dan Personal Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Perbedaan kedua antara Instagram Bisnis dengan personal adalah di Instagram Bisnis hadir dengan analisa untuk profil dan konten kamu. Analisa ini sangat penting dalam pemasaran digital. Statistik ini memberi tahu kamu pos mana yang menjangkau pelanggan dan mana yang gagal.

Kamu nantinya dapat mengetahui akun mana saja yang sedang dijangkau dari Instagram Bisnis, berapa banyak dari mereka yang sudah mengikuti / follow kamu, dan pelanggan mana yang datang melalui hashtag yang kamu buat.

3. Kamu bisa beri tahu info lebih banyak tentang bisnis kamu

5 Perbedaan Instagram Bisnis dan Personal Ilustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Berbeda dengan akun Instagram personal, dengan akun Instagram Bisnis, memungkinkan kamu memposting lebih banyak info perusahaan.

Setelah mengatur profil bisnis Instagram kamu, tombol "kontak" akan muncul. Kamu dapat mengaturnya agar pelanggan dapat menelepon atau mengirim email kepada kamu langsung dari Instagram.

4. Instagram Shopping

5 Perbedaan Instagram Bisnis dan Personal Ilustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Instagram Bisnis juga menawarkan toko online dan postingan yang dapat dibeli dari bisnis atau toko kamu. Fitur ini cocok untuk kamu yang memiliki situs atau e-commerce.

Pengguna Instagram dengan akun bisnis dapat mengaktifkan tab Toko di profil mereka dan memanfaatkan Instagram sebagai etalase seluler. Mereka juga dapat membuat posting Instagram yang dapat dibeli bagi pengguna untuk membeli produk atau bahkan menyimpannya untuk nanti.

5. Konten yang diublikasikan secara otomatis

5 Perbedaan Instagram Bisnis dan Personal Ilustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Salah satu manfaat lain dari Instagram Bisnis adalah kamu dapat menjadwalkan konten untuk dipublikasikan secara otomatis.

Kamu dapat menjadwalkan secara otomatis dengan menggunakan Facebook Business Suite sehingga kamu dapat mengatur postingan sejak jauh hari dan tidak perlu takut terlupa.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Video Marketing agar Penjualan Meningkat untuk UMKM

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya