Comscore Tracker

6 Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula 

Nabung emas gampang dan cepat kok

Jakarta, IDN Times - Bagi sebagian orang, emas masih dianggap barang mewah, apalagi bicara mengenai investasi emas. Padahal investasi emas bisa sangat menguntungkan, terlebih nilai emas tidak berhubungan dengan naik turunnya inflasi.

Yang lebih menarik, sekarang ini sudah banyak perusahaan, seperti e-commerce yang menyediakan kemudahan bagi kamu untuk mulai berinvestasi emas.

Nah berikut ini adalah cara mudah agar kamu dapat berinvestasi emas mulai dari sekarang:

1. Kamu sudah tentukan tujuan untuk investasi emas?

6 Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula Pexels.com/Picjumbo.com

Kamu harus menjawab dulu pertanyaan untuk apa kamu berinvestasi emas? Apakah untuk menikah, pendidikan, atau yang lainnya?

Tujuan kamu dalam berinvestasi emas akan menentukan berapa lama kamu harus berinvestasi emas dan berapa banyak yang harus kamu beli dalam rentan waktu tersebut.

2. Komitmen untuk mengalokasikan gaji tiap bulan untuk investasi emas

6 Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula Ilustrasi. (IDN Times/Mela Hapsari)

Setelah tahu apa tujuan kamu dan membuat perencanaan, kamu harus mulai melakukan eksekusi. Hitung berapa biaya yang harus kamu keluarkan tiap bulannya untuk membeli berapa gram emas.

Kamu juga harus membiasakan diri dengan berkomitmen untuk mengeluarkan biaya untuk berinvestasi emas tiap bulannya. Jangan sampai di tengah jalan kamu berhenti begitu saja.

3. Rajin pantau harga emas tiap minggu atau bulan

6 Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula IDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Lebarkan Lini Bisnis, Sampoerna Group Luncurkan Emas WARIS 

Harga emas bisa berubah sewaktu-waktu, bisa perhari, per tiga hari, seminggu atau sebulan.  Waktu terbaik membeli emas adalah ketika harga emas turun. Tapi jangan karena hal ini kamu lantas menunggu harga emas turun jauh. Karena harga emas akan cenderung naik, pun kalau mengalami penurunan di banding periode sebelumnya, harganya tidak akan terlalu jauh.

Perlu diingat juga, investasi atau nabung emas ini tidak bisa kamu lakukan dalam waktu cepat, misal satu atau dua bulan kemudian kamu tarik. Jika seperti itu, justru kamu berpotensi mengalami kerugian.

Waktu ideal untuk menabung emas adalah 5 tahun sampai 10 tahun.

4. Cicil pembelian emas dan gunakan promo

6 Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula Pexels.com/Oleg Magni

Kalau kamu masih merasa kesulitan menabung emas dengan harga per-gramnya yang kamu rasa mahal, sekarang banyak tempat membeli emas yang menawarkan kamu untuk membeli emas dengan harga yang sangat miring.

Contohnya di Tokopedia atau Bukalapak, kamu dapat membeli emas nol sekian gram dengan harga mulai dari Rp500-Rp1.000. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur promo yang disediakan e-commerce atau fintech dalam menabung emas.

5. Beli emas di tempat terpercaya

6 Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula IDN Times/ Helmi Shemi

Kamu gak bisa asal-asalan beli emas begitu saja. Kamu harus cari tahu dulu tempat mana saja yang menjual emas secara resmi. Karena tidak sedikit yang menawarkan emas dengan cara cepat, tapi kamu cuma dapat sertifikatnya saja, tidak dengan emasnya.

Beberapa tempat yang direkomendasikan untuk membeli emas di antaranya: PT Pegadaian baik secara langsung ataupun online, kantor pusat PT Aneka Tambang (Antam), unit bisnis Antam, Butik Emas Antam Logam Mulia, Bank Syariah seperti BRI, BNI, Mandiri dan lainnya, PT Pos Indonesia, toko emas online seperti Tokopedia, Bukalapak, Orori.com, Tamasia.com.

6. Tempat penyimpanan emas yang aman

6 Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula IDN Times / Auriga Agustina

Kalau kamu membeli emas batangan, kamu bisa menyimpannya di brankas rumah atau di safe deposit box yang disediakan oleh pihak bank.

Kamu juga bisa menggunakan layanan penyimpanan Brankas PT Antam yang menawarkan sistem kemanan 24 jam atau membeli emas tanpa harus menyimpan fisik dan tanpa biaya penitipan secara online seperti di Pegadaian, e-commerce atau fintech.

 

 

Baca Juga: Investasi Cuan, Harga Emas Diprediksi Bakal Terus Naik hingga 2022

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Anata Siregar

Just For You