Comscore Tracker

6 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Instagram 

Yuk maksimalkan Instagram jadi ladang uang

Jakarta, IDN Times - Instagram kini menjelma menjadi salah satu media sosial yang bisa menghasilkan uang. Tidak heran banyak orang kini banyak yang berlomba mendapatkan banyak followers dan menjadi influencer.

Mereka mulai mempercantik feed Instagram untuk berjualan konten hingga menjual barang atau jasa mereka. Dilansir laman resminya, ini adalah 6 cara mendapatkan uang dari Instagram, yuk coba!

1. Jalin kerja sama dengan merek favorit kamu

6 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Instagram Ilustrasi media sosial. IDN Times/Paulus Risang

Dengan membuat konten bermerek yang sesuai dengan gaya kamu, kamu memiliki kekuatan untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan dan menumbuhkan followers kamu.

Instagram mengatakan biasanya followers kamu mencari kamu untuk membagikan merek dan produk yang kamu sukai. Dan seiring waktu, kamu dapat mulai dibayar oleh merek tersebut untuk berbagi informasi di Instagram.

Saat akan menegosiasikan dengan perusahaan suatu merek, Instagram menyarankan agar kamu memberikan data seperti jumlah followers dan jumlah rata-rata like, berapa banyak postingan kamu dilihat/views, komentar, dan yang membagikan konten kamu.

Baca Juga: 5 Perbedaan Instagram Bisnis dan Personal 

2. Manfaatkan lencana saat live di Instagram

6 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Instagram Ilustrasi (IDN Times/Lazuardi Putra)

Orang-orang dapat membeli Badges atau Lencana untuk mendukung video yang kamu siarkan secara langsung, sekaligus menghubungkan kamu dengan penggemar terbesar kamu.

Saat kamu melakukan siaran langsung dengan lencana, pemirsa dapat membeli lencana untuk mendukung kamu dan mendapatkan pengakuan ekstra, sementara kamu mendapatkan uang dari konten yang sudah dibuat.

Saat pemirsa membeli lencana, kamu akan melihat hati di samping nama pengguna mereka. Kamu juga dapat melihat jumlah total lencana yang dibeli dan total penghasilan. Pemirsa dapat membeli beberapa lencana selama kamu Live dengan harga 0,99 dolar AS, 1,99 dolar AS, dan 4,99 dolar AS.

Namun perlu diingat bahwa kamu harus memenuhi syarat untuk monetisasi. Jika belum, kamu dapat mengajukan permohonan dalam aplikasi dengan mengklik "Apply for monetisation" dan periksa dasbor profesional kamu untuk pembaruan status.

3. Mendapatkan uang melalui Instagram Video

6 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Instagram Ilustrasi media sosial. (unsplash.com/Alice Donovan Rouse)

Instagram Video telah menjadi cara yang ampuh bagi orang untuk terhubung lebih dalam dengan penggemarnya dan menguji coba proyek baru. Dengan iklan video in-stream, kamu memiliki cara lain untuk mendapatkan uang dari konten yang kamu hasilkan dengan susah payah.

Saat kamu memonetisasi konten di Instagram, kamu memberi sebuah merek kemampuan untuk mempromosikan diri mereka sendiri dalam video yang kamu buat. Berapa banyak yang kamu hasilkan akan didasarkan pada jumlah penayangan yang dihasilkan video kamu, alias pemutaran yang dapat dimonetisasi.

Instagram menyebut kamu akan mendapatkan 55 persen dari pendapatan iklan yang dihasilkan per tampilan yang akan dibayarkan setiap bulan. Setelah iklan diaktifkan, metrik monetisasi baru dapat ditemukan di bagian Insight.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Membuat Instagram Bisnis  

4. Ajak followers kamu belanja di akun kamu

6 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Instagram Ilustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jika kamu memiliki produk untuk dijual, kamu dapat memperluas jangkauan dengan menjual di Instagram. Sehingga kamu dapat menjangkau pelanggan baru dan mudahkan orang untuk berbelanja dengan mempromosikan merchandise dari toko kamu di Instagram. Membuka toko di Instagram cukup mudah, berikut ini caranya:

  1. Ubah akun kamu ke akun bisnis.
  2. Hubungkan Halaman Facebook Anda.
  3. Unggah katalog produk.
  4. Selesaikan peninjauan akun.
  5. Aktifkan Belanja / Shopping.

5. Dapatkan uang ekstra untuk konten kamu melalui IGTV dan Reels

6 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Instagram Ilustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Pada akhir 2022, Instagram berencana untuk menginvestasikan lebih dari 1 miliar dolar AS pada program yang menyajikan cara baru untuk menghasilkan uang dari konten yang kamu buat di Facebook dan Instagram. Instagram ingin memberi penghargaan pada content kreator, terutama yang baru memulai, untuk membuat konten yang disukai oleh komunitasnya.

Investasi ini akan mencakup program bonus baru yang membayar kreator yang memenuhi syarat karena mencapai tonggak prestasi tertentu saat mereka menggunakan fitur kreatif dan monetisasi.

"Kami juga akan menyediakan pendanaan awal bagi kreator untuk memproduksi konten mereka. Tujuan kami adalah membantu sebanyak mungkin kreator untuk menemukan keberhasilan jangka panjang dan berkelanjutan di aplikasi kami," tulis Instagram dalam laman resminya.

Di Instagram, bonus pertama akan tersedia melalui undangan dan akan diberikan pada kreator yang mendaftar di iklan IGTV dan menggunakan lencana di Siaran Langsung dan Reels.

Baca Juga: Dear Pengusaha, Branding Merek Bisa Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis Loh

6. Bangun komunitas dan dapatkan penghasilan bulanan dari Instagram

6 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Instagram Ilustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Instagram baru-baru ini memperkenalkan fitur Subscriptions atau Langganan yang membantu pembuat konten menghasilkan penghasilan bulanan berulang di Instagram.

Sebelumnya, pada 2020, Facebook meluncurkan Subscriptions, yang telah membantu pembuat konten membangun bisnis berkelanjutan yang didukung oleh dukungan komunitas mereka.

"Berdasarkan masukan yang kuat dari pembuat konten, kami sekarang siap untuk menghadirkan model bisnis ini kepada pembuat konten di Instagram," kata Instagram.

Dengan Subscriptions Instagram, pembuat konten dapat mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan pengikut mereka yang paling terlibat dan meningkatkan pendapatan rutin bulanan mereka dengan memberi pelanggan akses ke konten dan manfaat eksklusif. Semuanya dalam platform yang sama tempat mereka berinteraksi dengan mereka.

Contoh Subscription Instagram:

  • Subscriber Lives: Kreator dapat menyiarkan Live eksklusif ke subscriber mereka, memungkinkan mereka untuk terlibat lebih dalam.
  • Subscriber Cerita: Kreator dapat membuat cerita hanya untuk pelanggan mereka, memungkinkan mereka untuk berbagi konten eksklusif dan menggunakan stiker cerita interaktif hanya dengan pengikut mereka yang paling terlibat.
  • Subscriber Badges: Pembuat konten akan melihat lencana pelanggan di samping komentar dan pesan sehingga mereka dapat dengan mudah mengidentifikasi pelanggan mereka.

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya