Comscore Tracker

8 Tangga Darurat Tol Layang Japek Dijanjikan Rampung Akhir Januari

Pengguna harus lebih hati-hati saat melintas

Jakarta, IDN Times - PT Jasa Marga Jalan layang Cikampek (JJC) menargetkan pembangunan Emergency Access berupa tangga darurat di delapan titik Tol Jakarta-Cikampek II Elevated selesai pada akhir Januari 2020.

Delapan titik tangga darurat tersebut terpasang di area sekitar U-Turn Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (di tengah/median jalan tol) yaitu di Km 13+200, Km 17+200, Km 21+500, Km 24+800, Km 28+300, Km 31+900, Km 36+700 dan Km 38+600.

"Nantinya di delapan lokasi ini akan berlangsung tahapan pekerjaan pemasangan tangga darurat yang dimulai dari pembuatan pondasi, pembobokan parapet/barrier, erection struktur tangga darurat hingga pembuatan akses/tutupan tangga darurat," kata Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/1).

1. Pemasangan tangga darurat dilakukan jam 10 malam hingga 5 pagi

8 Tangga Darurat Tol Layang Japek Dijanjikan Rampung Akhir JanuariIstimewa / Jasa Marga

Pengerjaan tangga darurat ini dilakukan pukul 22.00-05.00 WIB. Untuk menjaga keamanan, pihak JJC berkoordinasi dengan kepolisian pengatur lalu lintas untuk pemasangan delapan tangga darurat ini.

“Untuk pekerjaan minor seperti pembobokan parapet atau barrier akan dilaksanakan situasional tergantung dengan kondisi lalu lintas. Sementara itu untuk pekerjaan erection struktur tangga darurat akan dilaksanakan di window time, pukul 22.00 – 05.00 WIB," ujar Djoko.

Baca Juga: Menhub Akan Batasi Kendaraan Melintas di Tol Layang Japek 

2. Pengguna tol harus lebih hati-hati

8 Tangga Darurat Tol Layang Japek Dijanjikan Rampung Akhir JanuariTol Layang Japek II (ANTARA FOTO/Jasa Marga)

PT JJC juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanan karena dengan adanya pekerjaan pemasangan tangga darurat ini maka akan dilakukan pengaturan lalu lintas.

“PT JJC mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat pekerjaan ini, diimbau kepada pengguna jalan yang melintasi lokasi tersebut agar dapat mengantisipasi perjalanannya, tetap berhati-hati, mentaati arahan petugas di lapangan,” imbau Djoko.

3. Diresmikan Presiden Jokowi Desember lalu

8 Tangga Darurat Tol Layang Japek Dijanjikan Rampung Akhir JanuariJalan Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek) (IDN Times/Helmi Shemi)

Tol ini diresmikan oleh Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo pada Kamis (12/12). Dengan adanya tol sepanjang 36,4 Km ini, Jokowi mengklaim akan mengurangi kemacetan hingga 30 persen.

Jalan Tol Layang Japek berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500). 

Proyek pembangunan Jalan Tol Layang Japek dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk lewat kerja sama operasi (KSO) dengan biaya konstruksi sebesar Rp 11,69 triliun.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [BREAKING] Hujan Deras, Tol Layang Japek Banjir di KM 30

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya