Comscore Tracker

AirAsia Indonesia Layani Penerbangan Internasional Mulai 18 Mei

Meski masih terbatas ya rutenya

Jakarta, IDN Times - AirAsia Indonesia akan kembali mengangkut penumpang untuk rute internasional mulai 18 Mei 2020 mendatang. Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, mengatakan pihaknya menyiapkan dua rute utama yakni Kuala Lumpur-Surabaya dan Johor Baru-Surabaya.

"Kita mengacu aturan pemerintah saat ini. Kuala Lumpur dipilih karena penyebaran wabah di sana positif dengan jumlah kasus baru penambahannya menurun," kata Veranita dalam konferensi virtual, Senin (4/5).

1. Tetap berkoordinasi dengan pemerintah terkait

AirAsia Indonesia Layani Penerbangan Internasional Mulai 18 MeiPeresmian livery Belitung AirAsia di Bandara H.AS Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Belitung, Rabu (19/2) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

AirAsia memastikan akan aktif berkoordinasi dengan pemerintah dan pengambil kebijakan terkait pengoperasian rute ini. Mulai dari Kementerian Kesehatan, Imigirasi hingga Indonesia National Air Carriers Association (INACA).

"AirAsia akan mengevaluasi lagi nanti. ketika kita aktifkan, kita selalu mengacu anjuran pemerintah," kata Veranita.

2. Memperhatikan protokol kesehatan

AirAsia Indonesia Layani Penerbangan Internasional Mulai 18 MeiIlustrasi Masker dan Bekerja di tengah Pandemi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Veranita juga memastikan akan menerpakan protokol kesehatan dan keamanan penumpang begitu rute tersebut dioperasikan. Mulai dari memakai masker hingga penerapan physical distancing.

"Kalau bisa maksimalkan lebih, akan kita lakukan. Seperti memakai masker dan anjuran kesehatan lainnya," ujar Vera.

3. Berharap tidak ada gelombang kedua virus corona di Kuala Lumpur

AirAsia Indonesia Layani Penerbangan Internasional Mulai 18 MeiIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski secara kurva kasus harian di Malaysia sudah menurun, Veranita tetap berharap tidak ada gelombang kedua virus corona yang menerpa negara tersebut.

"AirAsia membuka penerbangan, tapi secara periode akan me-review lagi apakah derajat intensivitas kasus di atas ambang batas," katanya.

Baca Juga: AirAsia Layani Penerbangan Domestik Lagi Awal Mei 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya