Comscore Tracker

AirAsia Resmikan Pusat Operasi Kelima di Lombok

Ada penerbangan ke Australia, Malaysia, Bali, dan Jogja

Jakarta, IDN Times - AirAsia meresmikan pusat operasi atau hub terbaru di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hub ini adalah yang kelima di Indonesia setelah Medan, Jakarta, Surabaya dan Bali. CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan pemilihan Lombok karena potensi pariwisatanya dan termasuk 1 dari 10 Bali Baru yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Alasan lainnya, AirAsia berharap bisa membantu Lombok pascagempa Juli 2018 lalu.

"Potensi pariwisata Lombok luar biasa. Saya harap hub Lombok AirAsia bisa bantu recovery wisata Lombok karena beberapa kejadian. InsyaAllah kami siap hadir dan support," kata Dendy di Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid, Lombok, Kamis (2/4).

Seperti apa peresmian hub ini dan ke mana saja penerbangan AirAsia serta jadwalnya?

1. AirAsia juga luncurkan livery pesawat promosi Lombok

AirAsia Resmikan Pusat Operasi Kelima di LombokIDN Times/ Helmi Shemi

AirAsia juga meluncurkan livery pesawat Airbus A320 berkode registrasi PK-AXU dengan desain yang didedikasikan untuk mendukung promosi pariwisata Lombok.

Desain livery di bagian depan pesawat menampilkan ikon-ikon pariwisata Lombok, seperti Gunung Rinjani, suku Sasak, makanan ayam taliwang, desa Banyumulek, desa Sukararak, Selong dan lain-lain dalam bentuk simbol cinta. Sementara di bagian ekor pesawat terdapat gambar yang melukiskan keindahan pariwisata Lombok.

"Ini tentu sekaligus menunjukkan ke dunia bahwa Lombok adalah tempat wisata eksotik yang dapat membuat orang mengucapkan 'I love Lombok'," ujar Dendy.

2. Terbang dari Lombok ke Perth atau Lombok ke Kuala Lumpur

AirAsia Resmikan Pusat Operasi Kelima di LombokIDN Times/ Helmi Shemi

Pesawat ini nantinya akan membawa kamu terbang ke Perth, Australia per tanggal 9 Juni 2019 dengan jadwal penerbangan seminggu 4 kali yakni Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pukul 14.45 waktu setempat. Atau sebaliknya dari Pertah ke Lombok pada hari yang sama pukul 19.30 waktu setempat.

Kamu juga bisa berpergian dari Lombok ke Kuala Lumpur, Malaysia atau sebaliknya per tanggal 8 Mei 2019.

3. Bakal ada rute domestik juga loh

AirAsia Resmikan Pusat Operasi Kelima di LombokIDN Times/ Helmi Shemi

Selain itu akan ada juga penerbangan domestik dari Lombok ke Jakarta, Lombok ke Yogjakarta dan Lombok ke Bali.

"Saat ini sedang dalam proses di Kementerian Perhubungan. Mohon doa dan support semoga izin tersebut bisa segera keluar," ucap Dendy.

Baca Juga: Tiket AirAsia Raib, KPPU Akan Panggil Online Travel Agen 

4. Harapan pergerakan pariwisata Lombok pascagempa

AirAsia Resmikan Pusat Operasi Kelima di LombokIDN Times/ Helmi Shemi

Dendy berharap dengan diresmikannya hub dan livery ini makin menambah jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Lombok.

Untuk diketahui, menurut Dendy meski AirAsia terbilang pemain kecil dengan 24 pesawat, data Kementerian Pariwisata 2018 menunjukkan AirAsia membawa sebanyak 3,2 juta wisatawan mancanegara atau 25 persen total keseluruhan ke Indonesia.

"Kami sangat senang akhirnya dapat meresmikan hub terbaru AirAsia di Lombok, destinasi dengan beragam pesona wisata yang memiliki tempat spesial di hati masyarakat luas," kata Dendy.

Melalui AirAsia Foundation, Dendy mengatakan pihaknya berkomitmen membantu Lombok pascagempa Juli 2018 lalu. "Yaitu dengan membangun rumah tinggal sementara bagi para korban serta memberikan program pendampingan bagi komunitas setempat guna membantu membangun kembali tempat tinggal mereka," kata Dendy.

Baca Juga: AirAsia Gelar Travel Fair di Surabaya, Catat Diskon Menariknya!

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Anata Siregar

Just For You