Comscore Tracker

Airlangga: Sudah 179 Ribu Orang Divaksinasi, Desember 2021 Selesai

Jokowi perintahkan program vaksinasi selesai akhir tahun

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut sudah ada 179 ribu orang yang sudah menerima vaksin COVID-19 hingga hari ini. Ia bahkan menargetkan program vaksinasi ini selesai pada akhir tahun ini berdasarkan perintah Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

"Dan program fasilitas-fasilitas vaksinasi tahap pertama ini diperkirakan untuk 1,73 juta tenaga kesehatan pelayanan publik. Diharapkan bahwa ini bisa mencapai target dan saat sekarang telah sekitar 179 ribu orang telah divaksinasi," kata Airlangga dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2021, Selasa (26/1/2021).

1. Percepatan program vaksinasi

Airlangga: Sudah 179 Ribu Orang Divaksinasi, Desember 2021 SelesaiPetugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. ANTARA FOTO/Jojon

Airlangga menyampaikan perintah Jokowi yang meminta percepatan program vaksinasi COVID-19 terhadap 77 juta warga Indonesia untuk selesai pada Desember 2021. Untuk rencana tersebut, ia mengatakan pemerintah sudah membuat jadwal percepatan pemberian program vaksin.

"Sehingga ada percepatan terhadap 77 juta masyarakat yang rencana awal bulan Januari-Maret tahun depan itu ditarik ke depan," ujarnya.

2. Ingatkan pentingnya gerakan 3M

Airlangga: Sudah 179 Ribu Orang Divaksinasi, Desember 2021 SelesaiPetugas kepolisian memegang papan imbauan saat Operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di Jalan Jhon Aryo Katili di Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (14/9/2020). Operasi terpadu Polri dan Satpol PP tersebut dilakukan agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Tidak hanya vaksin, Airlangga juga mengingatkan pentingnya agar masyarakat selalu menjaga 3M, Mencuci tangan; Memakai masker; Menjaga jarak.

"Tentu kita harus juga terus mencuci tangan dan gerakan gerakan 3M ini di hulu wajib didisiplinkan karena ini menjadi bagian dari proses pencegahan penularan," katanya.

Ia juga menegaskan untuk mengurangi fatality rate, maka tracing, testing dan treatment tetap harus dijalankan diikuti dengan ketersediaan obat dan Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan yang baik.

"Sehingga beberapa Rumah Sakit bisa menangani secara baik dan juga tingkat kapasitas dari Pelayanan Kesehatan baik itu ketersediaan tempat tidur maupun ruang di isolasi," ujarnya.

3. Kick-off vaksinasi dimulai 13 Januari lalu

Airlangga: Sudah 179 Ribu Orang Divaksinasi, Desember 2021 SelesaiPresiden Jokowi menerima vaksin COVID-19 pertama pada Rabu (13/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Program vaksinasi telah dimulai pada 13 Januari lalu dimulai dari Presiden Joko Widodo. Selain Jokowi, nama lain yang juga ikut divaksinasi adalah Ketua IDI dr. Daeng M Faqih, Sekjen MUI/Muhammadiyah Dr. H. Amiesyah Tambunan, Kiai Ishommudin (PBNU), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Raffi Ahmad, Menkes Budi G Sadikin, Prof Dr Unifah Risyidi (PGRI), Ronal Tapilatu (PGI), Agustinus Heri (KWI), I Nyoman Suarthanu (PHDI), Partono Bhikkhu N. M (Permabudhi), Peter Lesmana (Matakin).

Selain itu ada Kepala BPOM Penny Kusumastuti, Ketua Kadin Rosan Perkasa (pengusaha), Sekjen Ikatan Bidan Indonesia Ade Zubaedah, Nur Fauzah (perawat), Lusy Noviani (apoteker), Agustini Setiyorini (buruh) dan Ibu Narti (pedagang).

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya