Comscore Tracker

Akhir Tahun Ini, Tarif Tol Dipastikan Akan Naik!

Namun masih menunggu SK Menteri PUPR

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit membenarkan adanya rencana kenaikan sejumlah ruas tol. Dia mengatakan kenaikan itu dilakukan pada akhir tahun ini.

"Ada beberapa yang secara perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) berhak meminta kenaikan tarif tetapi tetap sesuai dengan prosedur pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM)," papar Danang saat dihubungi IDN Times, Senin (19/8).

Baca Juga: Hore! Pemberlakuan Kenaikan Tarif Tol JORR Ditunda

1. Kenaikan karena inflasi

Akhir Tahun Ini, Tarif Tol Dipastikan Akan Naik!IDNTimes/Holy Kartika

Danang mengatakan kenaikan tarif tol ini untuk menyesuaikan dengan inflasi yang terjadi di daerah lokasi tol tersebut. "Kenaikan tarif berkala karena inflasi," kata Danang.

2. Bisa juga karena perubahan ruang lingkup investasi

Akhir Tahun Ini, Tarif Tol Dipastikan Akan Naik!Ilustrasi investasi (Pixabay)

Alasan kedua adanya kenaikan tarif tol ini adalah adanya perubahan lingkup investasi. "Misal karena pelebaran dari 2x2 menjadi 2x3 lajur," ujar Danang.

3. Belum bisa diumumkan ruas tol mana saja

Akhir Tahun Ini, Tarif Tol Dipastikan Akan Naik!IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Danang mengatakan BPJT belum bisa mengumumkan ruas tol mana saja yang akan mengalami kenaikan tarif serta berapa besar kenaikannya.

"Ada daftarnya tapi tidak kita rilis dulu karena belum tentu mereka otomatis naik. Nanti akan ada SK (Surat Keputusan) Menteri PUPR," katanya.

Baca Juga: Jasa Marga Tunda Kenaikan Tarif Tol Bandara Soekarno Hatta

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You