Comscore Tracker

Bahlil Jamin Pabrik Baterai Mobil Listrik Serap Tenaga Kerja RI

Pekerja asing diizinkan bekerja asal memenuhi syarat

Jakarta, IDN Times - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memastikan pabrik industri kendaraan listrik PT HKML Baterai Indonesia di Karawang, Jawa Barat akan memberikan banyak lapangan kerja bagi masyarakat. Hal itu tercantum di Memorandum Of Understanding (MoU) dengan LG Energy Solution Ltd.

"Di dalam MoU kami tekankan bahwa lapangan kerja harus seluasnya untuk (warga) dalam negeri, tidak untuk (warga) luar negeri," kata Bahlil secara virtual di Karawang, Jawa Barat, Rabu, (15/9/2021).

Baca Juga: Jokowi: Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama Asia Tenggara Ada di RI

1. WNA diizinkan bekerja asal memenuhi syarat

Bahlil Jamin Pabrik Baterai Mobil Listrik Serap Tenaga Kerja RIIlustrasi pencari kerja. (IDN Times/Aditya Pratama)

Bahlil menyampaikan, warga negara asing (WNA) tetap diperbolehkan bekerja di pabrik kendaraan listrik tersebut asalkan memenuhi syarat yang telah diatur pemerintah. 

"Luar negeri boleh selama dia memenuhi spesifikasi khusus dan jabatan tertentu," ucap Bahlil.

Baca Juga: Tarik Ulur Realisasi Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik di RI

2. Investasi mobil listrik semuanya diurus negara

Bahlil Jamin Pabrik Baterai Mobil Listrik Serap Tenaga Kerja RIilustrasi mobil listrik (pexels.com/mikebirdy)

Mantan Ketua HIPMI ini juga melaporkan bahwa investasi pabrik industri kendaraan listrik PT HKML Baterai Indonesia langsung diurus di bawah koordinasi Kementerian Investasi. Bahlil bilang, investor hanya memberikan modal, teknologi dan membuat pasarnya, sisanya diurus oleh Kementerian Investasi.

"Mereka ini (investor) cuma bawa modal, teknologi dan buat pasar. Sementara izin dan insentif kita pemerintah yang urus, ini sesuai arahan Pak Presiden," ujarnya.

3. Pabrik mobil listrik di Indonesia yang pertama di Asia Tenggara

Bahlil Jamin Pabrik Baterai Mobil Listrik Serap Tenaga Kerja RIPresiden Jokowi menyaksikan groundbreaking pembangunan Pabrik Industri Kendaraan Listrik PT HKML Baterai Indonesia di Karawang, Jawa Barat pada Rabu (15/9/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyaksikan peletakan baru pertama pembangunan pabrik industri kendaraan listrik PT HKML Baterai Indonesia di Karawang, Jawa Barat. Ia mengungkapkan pabrik ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang ini menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

"Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia, dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara, dengan nilai investasi sebesar Rp1,1 miliar dolar AS," kata Jokowi.

Baca Juga: Daftar Mobil Listrik Murah di Indonesia

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya