Comscore Tracker

Bahlil: Sebut Nama Jokowi, Investasi Rp708 T yang Mangkrak Selesai

Bagaiman kisahnya?

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan ada investasi senilai Rp708 triliun yang mangkrak ketika dirinya mulai menjabat pada Oktober 2019. Setahun berselang, investasi mangkrak itu berhasil diselesaikannya sebesar Rp474,9 triliun atau 67,1 persen.

"Investasi mangkrak Rp708 triliun. Izin masih semarawut ke mana," kata Bahlil dalam Rapat Kerja Nasional HIPMI 2021, Sabtu (6/3/2021).

Keberhasilan menyelesaikan investasi mangkrak itu, kata Bahlil, salah satunya karena menggunakan nama Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam penyelesaiannya. Bagaimana kisahnya?

1. Investasi mangkrak Lotte yang enam tahun tidak selesai

Bahlil: Sebut Nama Jokowi, Investasi Rp708 T yang Mangkrak SelesaiPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Baca Juga: Cerita Bahlil Ditakut-takuti Mendag Lutfi Saat Awal Jabat Kepala BKPM

Salah satu contoh investasi mangkrak adalah Lotte Chemical di Cilegon dengan nilai investasi Rp61,2 triliun. Permasalahannya, kata Bahlil, adalah status tanah yang tumpang tindih di mana pabrik Lotte Chemical berdiri di lahan area PT Krakatau Steel.

Presiden Jokowi lalu memerintahkan Bahlil untuk menyelesaikannya. Singkat cerita, Jokowi menanyakan apa yang dibutuhkan Bahlil untuk menyelesaikan perkara tersebut.

"Saya cuma minta satu, Bapak (Jokowi) jangan tanya proses, Bapak tahu hasil saja. Kedua kalau ada yang lapor Bapak, Bapak iyain saja, karena saya pakai nama Bapak untuk mainkan barang ini," kata Bahlil menceritakan perbincangan dengan Jokowi kala itu.

2. Kini Lotte Chemical siap beroperasi

Bahlil: Sebut Nama Jokowi, Investasi Rp708 T yang Mangkrak SelesaiIDN Times/Hana Adi Perdana

Selanjutnya, Bahlil menghubungi Kapolri dan menyelesaikan perkara investasi mangkrak di Cilegon itu dengan cara HIPMI.

"Oh kita telepon Kapolrinya, selesaikan dengan cara-cara HIPMI, clear barang itu," ucapnya.

Ia lalu mengatakan kini pabrik kimia Lotte Chemical tersebut sudah siap beroperasi.

"Sekarang sudah bisa groundbreaking, bulan Maret besok sudah mulai," kata Bahlil.

3. Daftar investasi mangrak

Bahlil: Sebut Nama Jokowi, Investasi Rp708 T yang Mangkrak SelesaiKepala BKPM Bahlil Lahadalia Datangi posko di JICT 2 (IDN Times/Shemi)

Selain Lotte Chemical, ada banyak investasi mangkrak dengan nilai investasi besar. Di antaranya PT Indo Raya Tenaga dengan nilai investasi Rp58,1 triliun, PT Vale Indonesia sebesar Rp39,2 triliun, Tanjung Jati Power Rp38 triliun, dan Rosneft Rp211,9 triliun.

"Urusan Rosneft di Tuban, Jatim. Banyak sekali masalah sampai saya menginap di sana. Empat tahun gak selesai, saya selesaikan, dan sudah dibayar," klaim Bahlil.

Baca Juga: Bahlil Ancam Cabut Insentif Tax Holiday Pengusaha, Mengapa?

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya