Comscore Tracker

Banyak Event di 2022, Sandiaga cuma Targetkan 3,6 Juta Turis Asing

Padahal 2020 saja bisa capai 4,05 juta orang, kenapa ya?

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memproyeksikan kedatangan turis asing alias wisatawan mancanegara (wisman) pada 2022 berkisar 1,8 hingga 3,6 juta orang.

Angka itu terbilang rendah di mana pada 2021 saja pemerintah memproyeksikan kunjungan wisman sebesar 1,5 juta orang. Terlebih dengan kondisi pandemik COVID-19 yang lebih baik dibanding 2020.

"Jumlah wisatawan dulu selalu kita kejar tapi kali ini begitu kita lihat angka 2020, ada 4 juta orang, perkiraan 1,5 juta tahun ini, kita fokuskan di 1,8-3,6 juta orang pada 2022 sebagai parisiwisata yang berkelas dan berkelanjutan," kata Sandiaga dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2021, Senin (27/12/2021).

Baca Juga: Ini Catatan Khusus dari Luhut untuk NTB Sebelum Event MotoGP

1. Padahal banyak event seperti MotoGP hingga G20

Banyak Event di 2022, Sandiaga cuma Targetkan 3,6 Juta Turis AsingPembalap dari Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). Ini merupakan podium pertama bagi Marquez setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu dan posisi kedua dan ketiga ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Raden Kurleni Ukar menyebut target tersebut terbilang sedang atau rendah karena kebijakan pembukaan perbatasan masih menjadi kendala. Selain itu, Indonesia masih punya masalah aksesibilitas untuk kemudahan masuk ke Indonesia yang harus melalui visa dan ketidkapastian akibatnya muncul varian COVID yang muncul di 2022.

"Jadi kita sepakat dengan Bappenas untuk tidak pasang target tinggi tapi dengan berbagai event internasional kami harap devisanya bisa dicapai lebih banyak," kata perempuan yang disapa Nike ini.

Baca Juga: Sandiaga Targetkan RI Raup Devisa Rp24,2 T dari Pariwisata di 2022

2. Wisatawan yang ditarget masuk Indonesia

Banyak Event di 2022, Sandiaga cuma Targetkan 3,6 Juta Turis AsingIlustrasi destinasi pariwisata Indonesia, Labuan Bajo (Dok. Kemenparekraf)

Nike menambahkan, pemerintah terus mencari potensi pasar wisatawan yang bisa masuk Indonesia. Untuk wisatawan yang datang ke Bali misalnya, pemerintah menargetkan turis asal Australia dan India. Terlebih dengan adanya kesepakatan Indonesia dengan India terkait vaccinated travel lane (VTL).

"Serta Jepang yang ada akses langusng. Lalu Malaysia dan Singapura jadi target utama," ucap Nike.

Baca Juga: Sebulan Pariwisata Internasional Dibuka, Bali Tetap Nihil Turis Asing 

3. Andalkan wisatawan dalam negeri

Banyak Event di 2022, Sandiaga cuma Targetkan 3,6 Juta Turis AsingIlustrasi wisatawan memadati kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Sandiaga menyebut pariwisata Indonesia akan digerakkan oleh wisatawan dalam negeri atau wisatawan nusantara (Wisnus). Pada 2022, Kemenparekraf menargetkan jumlah pegerakan wisnus sebesar 260 hingga 280 juta pergerakan.

Angka ini jauh lebih besar daripada proyeksi 2020 dan 2021 di mana masing-masing sebesar 198,2 juta dan 198 hingga 220 juta pergerakan wisatawan nusantara.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya