Comscore Tracker

Menteri PUPR Pastikan Tol Layang Japek II Beroperasi Desember 2019

Siap beroperasi saat Natal dan tahun baru

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II akan bisa beroperasi sebelum Natal dan tahun baru nanti.

"Saya justru inginnya akhir November selesai. Sudah bisa kita manfaatkan," kata Basuki di Gatot Subroto, Selasa (12/11).

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia

1. Akan diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo

Menteri PUPR Pastikan Tol Layang Japek II Beroperasi Desember 2019ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Basuki juga menyebut tol itu nantinya akan diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Namun ia belum mengungkapkan kapan tanggal pastinya.

"Nanti akan ada peresmian tapi tergantung presiden," katanya.

2. Presiden Jokowi juga akan meresmikan tol lain

Menteri PUPR Pastikan Tol Layang Japek II Beroperasi Desember 2019IDN Times/Shemi

Ia juga menyebut ada 3 tol lain yang akan diresmikan Presiden Jokowi dalam waktu dekat. "Nanti ada 4 (termasuk Japek) yang mau diresmikan, tunggu presiden," ucapnya.

Ketiga tol itu adalah Tol Lampung, Riau, Dumai (Transumatera), Tol Manado-Bitung, Tol Balikpapan-Samarinda.

3. Tol layang Japek II dibuka pertengahan Desember

Menteri PUPR Pastikan Tol Layang Japek II Beroperasi Desember 2019ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Tol Japek II akan dibuka untuk umum mulai pertengahan Desember 2019. Saat ini, progres pembangunan tol layang yang menghubungkan Jakarta-Cikampek tersebut sudah mencapai 98 persen.

"Sekarang tinggal penyelesaian di sambungan-sambungan saja, supaya mulus, tahap pemberian seal, memberikan sambungan yang baik," kata Menteri Budi saat ditemui usai acara Seremonial Pengecoran Closure Tengah Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan LRT terintegrasi di Wilayah Jabodebek, Jakarta, Senin (11/11).

4. Japek II merupakan tol sekaligus jembatan terpanjang di Indonesia

Menteri PUPR Pastikan Tol Layang Japek II Beroperasi Desember 2019IDN Times/Hana Adi Perdana

Pada 22 September lalu, uji coba konstruksi dilaksanakan dalam ketahanan beban tol Japek II. Uji beban tersebut dengan menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton digelar di atas Japek II.

Tol Japek II tercatat sebagai tol sekaligus jembatan terpanjang yang ada di Indonesia saat ini. Jalan tersebut membentang sepanjang 36,4 kilometer.

Konstruksinya sendiri ditunjang dengan sembilan ribu tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat.

Baca Juga: Tol Layang Japek II Dibuka 15 Desember, Terpanjang di Indonesia! 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You