Comscore Tracker

Traveloka Siapkan Rapid Test Drive Thru, Bagaimana Caranya?

Hasil rapid test akan keluar dalam waktu 15 menit

Jakarta, IDN Times - Perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital Traveloka kini menyediakan layanan Rapid Test COVID-19 Drive Thru di kawasan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Hal ini untuk memudahkan konsumen Traveloka bila ingin melakukan perjalanan antar wilayah di dalam negeri. Kalian bisa menemukan layanan drive thru ini di Soewarna Business Park, Cengkareng.

Dengan layanan ini memungkinkan para para penumpang pesawat, untuk melengkapi persyaratan dokumen perjalanan yang diwajibkan oleh pemerintah dengan melakukan tes sesaat sebelum terbang guna menekan laju penyebaran wabah COVID-19.

"Pengguna dapat mengakses layanan ini melalui Traveloka Xperience pada kategori produk Pelengkap Travel (Travel Essentials) melalui aplikasi, website, maupun mobile web Traveloka sejak tanggal 23 Juli 2020," kata Head of Marketing, Transport, Traveloka Andhini Putri dalam keterangan tertulisnya yang dilansir Jumat (31/7/2020).

Berapa biaya rapid test drive thru ini?

1. Rapid test drive thru bisa diakses mulai dari harga Rp150 ribu

Traveloka Siapkan Rapid Test Drive Thru, Bagaimana Caranya?IDN Times / Auriga Agustina

Layanan Rapid Test COVID-19 Drive Thru telah tersedia di Traveloka dengan kisaran harga mulai dari Rp150 ribu. Untuk dapat melakukan tes, kamu dapat mengikuti beberapa langkah mudah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Traveloka versi terbaru (v3.23.1).
2. Pilih Traveloka Xperience, kategori Pelengkap Travel lalu bagian Tes COVID-19.
3. Pilih Rapid Test COVID-19 Drive Thru (hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia).
4. Klik ‘Cari Voucher’, tentukan pilihan tanggal dan lakukan konfirmasi pemesanan.
5. Kunjungi Soewarna Business Park, Cengkareng pada tanggal dan waktu yang ditetapkan.

Baca Juga: RI Mau Memutus Tali Rantai Pandemik COVID-19? Buang Rapid Test!

2. Konsumen bisa tahu hasil rapid test dalam kurun waktu 15 menit

Traveloka Siapkan Rapid Test Drive Thru, Bagaimana Caranya?IDN Times/Candra Irawan

Manajemen Traveloka mengatakan konsumen tidak perlu khawatir ketinggalan pesawat saat mengikuti rapid test drive thru. Sebab, mereka hanya butuh waktu maksimal 15 menit untuk tahu hasil tes. Hasilnya akan disampaikan melalui format surat yang dicetak. 

"Tidak hanya itu, pengguna juga akan mendapatkan masker KN95 gratis yang dapat digunakan sebagai pelindung diri selama perjalanan, sehingga memberikan
proteksi lebih bagi para pengguna dalam upaya meminimalisasi penyebaran COVID-19," ujar Head of Marketing, Transport, Traveloka Andhini Putri melalui keterangan tertulis. 

Ia menjelaskan pengguna baru bisa mengantongi surat keterangan bila hasil tes menunjukkan non reaktif. 

3. Rapid test untuk memudahkan masyarakat melakukan perjalanan antar kota

Traveloka Siapkan Rapid Test Drive Thru, Bagaimana Caranya?Ilustrasi Pesawat milik maskapai Garuda Indonesia IDN Times/Yogie Fadila

Meski menjadi kontroversi, tetapi pemerintah masih mewajibkan warga untuk melakukan rapid test atau tes usap sebelum menggunakan transportasi udara. Cara ini dipilih untuk melakukan pemindaian agar dapat menyaring calon penumpang yang terpapar COVID-19. 

Rapid test drive thru Traveloka ini, kata Andhini disediakan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat. 

“Kami bangga dapat menjadi platform pemesanan perjalanan dan gaya hidup pertama di Indonesia yang menghadirkan layanan Rapid Test COVID-19 Drive Thru," kata dia. 

Ia juga mengimbau kepada para konsumennya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. 

https://www.youtube.com/embed/CLcqcOR1I6Q

Baca Juga: Surat Edaran Kemenkes: Batas Tertinggi Biaya Rapid Test Rp150 Ribu

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya