Comscore Tracker

Beli Games dan Apps di Google Play Store Lebih Mudah dengan GoPay

GoPay resmi bekerja sama dengan Google Play

Jakarta, IDN Times – Sekarang ini gim sangat populer, tidak cuma untuk anak muda, bahkan hingga orangtua banyak yang memainkan gim. Salah satunya adalah gim yang tersedia di smartphone seperti Android atau iOS. Tapi saat ini gak banyak opsi pembayaran kalau kita mau beli gim atau aksesori yang ada di gim itu supaya main gim makin seru.

Kini kamu tidak perlu khawatir karena GoPay hadir sebagai opsi pembayaran baru di Google Play.

“Saat ini, terdapat sekitar 150 juta pengguna internet di Indonesia, di mana 90 persen di antaranya adalah pengguna smartphone. Sebanyak 91 persen pengguna smartphone di Indonesia menggunakan sistem operasi Android. Dengan kehadiran GoPay di Google Play, pengguna Android di Indonesia ini bisa semakin mudah berbelanja aplikasi atau melakukan in-app purchase di Google Play tanpa menggunakan kartu kredit,” kata SVP Digital Product GoPay, Timothius Martin dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Senin (29/7).

1. Pertama di Indonesia membayar gim dengan uang elektronik

Beli Games dan Apps di Google Play Store Lebih Mudah dengan GoPayIDN Times/Bayu D Wicaksono

Timothius mengatakan, kerja sama antara GoPay dan Google Play ini merupakan kolaborasi Google Play yang pertama dengan platform uang elektronik di Indonesia. Padahal baru sebagian kecil saja masyarakat Indonesia yang memiliki kartu kredit

“Di sini, kami ingin memberikan akses yang lebih mudah bagi mereka yang tidak punya kartu kredit agar tetap bisa menikmati berbagai aplikasi dan hiburan yang tersedia di Google Play,” ujarnya.

2. Gim apa saja yang bisa dibeli pakai GoPay?

Beli Games dan Apps di Google Play Store Lebih Mudah dengan GoPayIDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Gim yang bisa diakses pun termasuk gim yang diterbitkan oleh penerbit internasional seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, serta Free Fire yang merupakan gim paling populer di Indonesia saat ini. Ada juga gim lokal seperti Tahu Bulat, Juragan Terminal, dan Pixel Superheroes.

“Kemudahan pembayaran dengan GoPay pun diharapkan dapat turut membantu memaksimalkan potensi serta perkembangan aplikasi dan games dari penerbit lokal,” ujar Timothius.

Baca Juga: Boy Thohir Jadi Komisaris Gojek 

3. Makin gampang beli aksesoris dan gim

Beli Games dan Apps di Google Play Store Lebih Mudah dengan GoPayIDNTimes/Holy Kartika

Dengan adanya kemudahan ini GoPay berharap akan semakin banyak gamers yang tertarik dan sering memanfaatkan aplikasi-aplikasi di Google Play baik untuk hobi maupun kebutuhan sehari-hari namun belum memiliki kartu kredit.

“Tiga penelitian independen – FT Confidential Research Mobile Payment, DailySocial dan OJK, serta YouGov – menyebutkan GoPay sebagai uang elektronik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan jangkauan pengguna GoPay yang luas ini, kami pun berharap akan ada lebih banyak masyarakat yang bisa menikmati aplikasi-aplikasi di Google Play sehingga mereka bisa menjalani hobi dan kebutuhan sehari-harinya,” papar Timothius.

4. Alasan kenapa Gopay bekerja sama dengan Google Play

Beli Games dan Apps di Google Play Store Lebih Mudah dengan GoPayduniaku.net

Menurut We are Social dan Hootsuite, Indonesia Digital Report 2019 total pengeluaran masyarakat Indonesia untuk belanja mobile apps selama 2018 mencapai US$313,6 juta. Google Play sendiri mengalami peningkatan jumlah install selama awal tahun ini sebesar 16,4 persen dengan aplikasi yang paling banyak diunduh adalah media sosial.

“Gim masih menjadi daya tarik utama bagi pengguna Google Play yang melakukan belanja aplikasi atau in-app purchase. Pada awal tahun ini saja, transaksi belanja aplikasi untuk gim di Google Play mengalami pertumbuhan sebesar 16,8 persen,” kata Timothius.

5. Komitmen GoPay dukung industri esports Indonesia

Beli Games dan Apps di Google Play Store Lebih Mudah dengan GoPayIDN Times

Melihat potensinya yang begitu besar, GoPay terus mendukung perkembangan industri esports di Indonesia. GoPay menjadi sponsor PUBG Mobile Indonesia National Championship (PINC) 2019 yang berlangsung di Jakarta, 13-14 Juli 2019 lalu. Komitmen GoPay mendukung talenta anak bangsa juga diwujudkan dengan menjadi sponsor dua tim besar esports tanah air Bigetron dan RRQ. Tim Bigetron bertanding di PUBG Mobile Club Open 2019 di Berlin, Jerman. Sedangkan Tim RRQ akan bertanding di Thailand, di ajang MET Asia Series: PUBG Classic.

PINC 2019 sendiri bukanlah partisipasi pertama GoPay dalam ekosistem esports. Sebelumnya, GoPay juga menjadi sponsor di salah satu liga esports terbesar di Indonesia, yaitu Mobile Legends: Bang Bang Professional League Season 2 pada tahun 2018. GoPay juga pernah bekerja sama dengan EVOS E-Sports, organisasi esports profesional di Indonesia.

Baca Juga: Anak Diberi Nama GoPay, Go-Jek Indonesia Beri Saldo Gratis Setahun!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You