Comscore Tracker

Cara Daftar Franchise Alfamart, Ada Banyak Jenis Gerainya!

Cek syarat dan jenis franchise yang cocok buat kamu di sini

Jakarta, IDN Times - Bisnis minimarket kini semakin menjamur ke berbagai daerah. Salah satunya adalah franchise atau waralaba Alfmart. Dilansir dari laman resmi Alfamart, kamu bisa mendapatkan royalti hingga Rp7,5 juta lebih yang dihitung secara progresif dari penjualan bersih dan belum termasuk pajak.

Tipe kerja sama franchise yang ditawarkan oleh Alfamart ada tiga macam, yang pertama adalah skema gerai baru di mana kamu mengajukan usulan lokasi untuk pembukaan gerai baru. Skema kedua adalah skema gerai baru, konversi di mana kamu mengajukan usulan lokasi yang masih berupa toko kelontong/minimarket untuk dikembangkan menjadi gerai Alfamart.

Sedangkan skema ketiga adalah skema gerai take over, di mana kamu mengambil alih kepemilikan gerai milik Alfamart yang sudah berjalan.

Nah bagaimana caranya kamu dapat memiliki franchise Alfamart? Yuk simak caranya berikut ini.

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia 

1. Cari tahu dulu yuk jenis franchise Alfamart yang cocok buat kamu

Cara Daftar Franchise Alfamart, Ada Banyak Jenis Gerainya!Ilustrasi Minimarket (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sebelum kamu membuka franchise Alfamart, kamu harus tahu dulu ini rincian franchise yang mereka tawarkan dan mana yang cocok buat kamu.

1. Franchise Gerai Baru

Pembukaan Gerai Baru yang berasal dari usulan lokasi calon penerima waralaba franchise Alfamart. Besar investasi untuk Gerai Baru dimulai dari Rp300 juta untuk 9 rak, 1200 produk dan luas area 30 meter persegi. Hingga yang paling mahal sebesar Rp500 juta untuk 45 rak, 4.500 produk dan luas area 100 meter persegi.

Investasi tersebut mencakup: franchise Fee sebesar 45 juta untuk 5 tahun, instalasi listrik, peralatan gerai dan air conditioner, cash register dan sistem informasi ritel, shop sign dan polesign perijinan gerai serta promosi dan persiapan pembukaan gerai.

"Nilai estimasi investasi tersebut di luar investasi properti dan dapat berubah sesuai kondisi pada saat proses pembukaan gerai," tulis Alfamart.

2. Franchise Gerai Baru - Konversi

Program Konversi menawarkan kerja sama franchise kepada pemilik toko minimarket lokal atau kelontong yang ingin mengembangkan usahanya. Alfamart memberikan dua kemudahan bagi para pemilik yang mengikuti program ini yaitu:

Pertama, pengakuan barang dagangan milik toko minimarket lokal atau kelontong sebagai barang dagangan untuk stok pembukaan gerai franchise Alfamart. Kedua, rak milik toko minimarket lokal atau kelontong dapat digunakan dan diakui sebagai pengurang biaya investasi dengan kriteria rak harus sesuai dengan standar rak gerai Alfamart.

3. Franchise Gerai Take Over

Pembelian gerai Alfamart yang sudah beroperasi dengan harga “paket” yang telah ditentukan. Investasi tersebut mencakup: franchise fee sebesar 45 juta untuk 5 tahun, sewa lokasi untuk 5 tahun, peralatan gerai dan air conditioner, cash register dan sistem informasi ritel, shop sign dan polesign, perijinan gerai dan goodwill.

Besar investasi untuk gerai take over bervariasi mulai dari 800 Juta. Selain itu besarnya investasi untuk gerai take over bergantung kepada harga sewa lokasi dan sales perharinya

2. Persyaratan franchise Alfamart

Cara Daftar Franchise Alfamart, Ada Banyak Jenis Gerainya!Dok.IDN Times/Istimewa

Setelah tahu mana jenis franchise yang cocok, berikut ini adalah 5 syarat yang harus kamu penuhi:

1. Harus berupa badan usaha
Badan usaha merupakan kesatuan yuridis atau hokum, teknis dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan usaha sering disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataannya berbeda. Salah satu syarat menjadikan bisnis franchise alfamart adalah harus berupa badan usaha.

2. Pemilik franchise adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
Syarat kedua untuk membuat franchise alfamart adalah pemiliknya harus Warga Negara Indonesia (WNI). Ini karena lokasinya yang berada di Indonesia dan menjadi prosedur bisnis di Negara ini.

3. Lokasi usaha
Untuk masalah lokasi usaha, sebaiknya luas area sales minimal 800 m2. Luas ini diluar gudang ruag administrasi.

4. Harus memenuhi perizinan
Salah satu persyaratan memiliki bisnis franchise adalah memenuhi perizinan. Ini termasuk izin tetangga, domisili, SIUP, NPWP dan lainnya.

5. Bersedia mengikuti sistem dan prosedur
Sistem dan prosedur yang berlaku dalam hal bisnis harus diikuti oleh pemilik franchise alfamart. Ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Baca Juga: Tersebar di Seluruh Indonesia, Ini Cara Daftar Franchise Indomaret

3. Langkah-langkah supaya kamu punya franchise Alfamart

Cara Daftar Franchise Alfamart, Ada Banyak Jenis Gerainya!Dok.IDN Times/Istimewa

Kini kamu sudah tahu jenis franchise Alfamart yang mau kamu ambil dan persyaratannya. Kini ada 4 langkah yang harus kamu lakukan biar kamu punya franchise Alfamart.

1. Usulan lokasi
Pendaftaran usulan lokasi dilakukan melalui www.alfamartku.com. Pastikan kamu mengisi lengkap formulir pendaftaran dan melengkapinya dengan denah serta foto tampak depan.

2. Proposal dan persetujuan
Proposal yang disajikan akan mencakup kajian potensi usulan lokasi, gambar kerja, RAB dan proyeksi keuangan. Jika semua disetujui maka bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Perjanjian waralaba
Perjanjian waralaba mencakup berbagai aspek hak dan kewajiban para pihak yang harus sudah di setujui kedua belah pihak sebelum tahapan pembukaan gerai dimulai.

4. Grand opening
Setelah tahapan persetujuan proposal, penandatangan perjanjian waralaba, renovasi, pengurusan perizinan, dan setup maka gerai siap beroperasi.

Sudah siap mendirikan franchise Alfamart?

Baca Juga: Cara Daftar Franchise Sabana Fried Chicken, Merek Lokal yang Lagi Hits

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya