Comscore Tracker

Cara Mudah dan Lengkap Membuka Tabungan di BCA 

Mau online atau datang langsung juga bisa

Jakarta, IDN Times - Belum punya rekening tabungan Bank Central Asia (BCA)? Mungkin kamu termasuk orang-orang yang mau pindah tabungan dari bank lain ke BCA atau pertama kalinya membuka tabungan BCA. Bagaimana sih caranya?

Sebaiknya persiapkan dulu syarat-syarat dan ketahui langkah-langkah memiliki tabungan di BCA yang disebut sebagai Tahapan BCA.

Kali ini, IDN Times akan membantu kamu mempersiapkan apa saja yang harus kamu lakukan untuk membuka tabungan di BCA.

1. Datang langsung ke kantor cabang, jangan lupa yang harus dibawa

Cara Mudah dan Lengkap Membuka Tabungan di BCA Situs resmi BCA

Kamu bisa mengunjungi cabang BCA terdekat dengan membawa identitas diri asli baik KTP atau paspor. Jangan lupa juga untuk membawa kartu NPWP. Selain itu, ada setoran awal. Siapkan uang senilai Rp500 ribu untuk setoran awal itu.

Nantinya kamu akan diminta untuk mengisi formulir dan menandatangani formulir tersebut. Ingat ya, tanda tangan kamu harus sama seperti yang ada di KTP atau paspor.

Pahami produk simpanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan akan kamu pilih. Di kantor cabang, kamu akan dilayani oleh cutomer service, jadi jangan ragu untuk bertanya dan meminta saran seputar produk yang akan dipilih, ya.

Baca Juga: Kartu ATM Rusak Akibat Demonstrasi, BCA Cardless Jadi Solusi

2. Daftar online? Kenapa tidak!

Cara Mudah dan Lengkap Membuka Tabungan di BCA unsplash.com/William Iven

Kamu bisa melakukan pengisian formulir melalui situs KlikBCA. Tapi perlu diingat, kamu tetap harus datang ke kantor cabang BCA untuk melakukan pembukaan rekening.

Setelah melakukan pengisian formulir pada situs KlikBCA ini, kamu dapat membawa nomor referensi yang dihasilkan dari aplikasi online untuk melakukan pembukaan rekening di Kantor Cabang BCA terdekat.

Sama seperti datang langsung, kamu wajib terlebih dahulu membaca dan memahami informasi produk simpanan yang ditampilkan pada situs KlikBCA ini sebelum mengajukan permohonan pembukaan rekening di kantor cabang BCA.

3. Buka tabungan pakai aplikasi lebih mudah lho

Cara Mudah dan Lengkap Membuka Tabungan di BCA bca.co.id

Kamu juga bisa membuka tabungan via aplikasi BCA Mobile yang ada di AppStore atau Google Play. Setelah kamu mengunduh aplikasi itu, pilih menu Buka Rekening Baru. Pastikan nomor handphone kamu belum terdaftar di BCA Mobile ya. Lalu pilih Buka Rekening. Pilih 'Tidak' bagi kamu yang belum memiliki rekening BCA, lalu klik 'Lanjut'.

Pilih jenis tabungan yang kamu inginkan dan lakukan verifikasi nomor handphone. Lanjutkan dengan membuat kode akses dan lengkapi dokumen yang diperlukan. Kamu harus mengunggah foto KTP atau paspor, foto diri, tanda tangan, dan NPWP kamu.

Lengkapi informasi pribadi kamu dan pilih lanjut. Pilih jenis kartu yang kamu inginkan. Kalau bingung, kamu bisa membaca detailnya di poin nomor 4.

Lanjutkan dengan memilih cabang rekening terdaftar. Kamu akan diminta melihat kembali data-data yang telah kamu isi sebelumnya. Lakukan video call untuk proses verifikasi data. Begitu kamu selesai melakukan video call, pilih menu Aktivasi Mobile Banking dan buat pin untuk aktivasi mobile dan internet banking.

Voila, kini kamu sudah punya tabungan di BCA!

4. Jenis paspor atau tabungan yang ada di BCA

Cara Mudah dan Lengkap Membuka Tabungan di BCA Istimewa / Dok. BCA

Ada sejumlah pilihan paspor yang umumnya digunakan:

  1. Paspor BCA Blue: Paspor jenis Blue ini pas banget buat kamu yang aktif bertransaksi melalui online, debit, ataupun pengambilan uang tunai dengan limit hingga Rp7 juta per harinya. Sedangkan untuk transfer melalui mesin ATM, jenis Blue bisa dilakukan hingga Rp25 juta.
  2. Paspor BCA Gold: Kartu Paspor jenis Gold sangat tepat bagi kamu yang bertransaksi dari Rp10 juta hingga Rp50 juta di berbagai merchant terkemuka dengan menggunakan debit.
  3. Paspor BCA Platinum: Kartu ini memungkinkan kamu mentransfer hingga Rp100 juta. Selain itu, kamu juga memiliki limit debit cukup besar jika menggunakan kartu ATM Platinum yakni sebesar Rp100 juta.
  4. Tahapan Xpresi BCA: Kartu ini khusus untuk nasabah rekening Tahapan Xpresi. yang ditujukan bagi kalangan anak muda yang energik sehingga kartu ATM tersedia sampai 50 desain. Jika bikin di cabang utama bahkan bisa memakai foto pribadi. Biaya pembuatan atau penggantian kartu, Rp25.000,00. Dengan kartu ini, bisa tarik tunai maksimal Rp7 juta per hari dan transfer ke rekening antarbank sampai Rp25 juta.
  5. TabunganKu BCA: Rekening ini dilaksanakan kepada 70 bank nasional dan bank pembangunan daerah, termasuk BCA. Nasabah TabunganKu BCA mendapatkan fasilitas buku tabungan dan kartu ATM. Kartu ATM-nya bukan silver, gold, ataupun platinum, melainkan khusus. Penampakannya berwarna dasar putih dan bercorak batik kuning keemasan.
  6. SimPel BCA: Ini juga merupakan program pemerintah Presiden Joko Widodo bersama OJK.SimPel khusus para pelajar, baik PAUD, TK, SD, SMP, SMA maupun Madrasah: MI, MTs, dan MA. Pokoknya, bagi yang berusia di bawah 17 tahun. Kartunya gratis. Limit tarik tunai per hari Rp7 juta. Tapi, transfer hanya bisa sesama rekening BCA dengan limit Rp25 juta.
  7. LAKU BCA: Jika kamu tinggal di pelosok, BCA menyediakan layanan agar kamu tidak perlu ke kantor cabang dengan bekerja sama lewat semacam agen yang dapat melayani masyarakat membuat rekening. Agen seperti ini dinamakan LAKU BCA. Nasabah rekening LAKU tetap bisa mendapatkan kartu ATM LAKU yang dapat digunakan di mesin micro-ATM yang tersedia di masing-masing agen LAKU. Tarik tunai sampai Rp5 juta per bulan.
  8. BCA Dollar: BCA Dollar merupakan salah satu jenis rekening yang ditujukan kepada calon nasabah yang membutuhkan transaksi dalam bentuk mata uang asing. Kartu ATM ini tetap bisa digunakan di ATM BCA seluruh Indonesia meskipun isi ATM uang rupiah. Biaya administrasi per bulan kartu ini sebesar US$1 atau S$2.

Baca Juga: 4 Keuntungan Pemegang Kartu Kredit BCA-JCB Black

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You