Comscore Tracker

Cara Siapkan Dana Pensiun agar Masa Tua Kamu Sejahtera 

Biar masa tua kamu gak membebani anak-anak kamu kelak

Jakarta, IDN Times - Banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya menyiapkan dana pensiun. Menurut perencana keuangan Finansialku, Ngurah Mustakawarman dana pensiun itu penting karena dengan adanya dana pensiun yang aman maka gaya hidup nanti di usia pensiun juga nyaman.

"Pastinya gak nyusahin orang lain khususnya anak kita nanti,” katanya kepada IDN Times, Selasa (10/11/2020).

Dana pensiun secara sederhananya adalah dana yang kita siapkan untuk masa pensiun nanti atau masa hari tua. Dana pensiun atau dana hari tua adalah dana yang wajib dipersiapkan dan dimiliki oleh setiap orang.

Baca Juga: Jangan Tergoda Resign dan Pensiun Dini Kalau Belum Mikir 7 Hal Ini

1. Siapkan dana pensiun dari sekarang

Cara Siapkan Dana Pensiun agar Masa Tua Kamu Sejahtera Ilustrasi Bekerja (IDN Times/Dwi Agustiar)

Supaya masa tua kamu tetap sejahtera, Ngurah mengatakan kamu perlu menyiapkan dana pensiun selagi kita masih di usia produktif.

"Dana pensiun bisa mulai disiapkan sejak kita mulai memiliki penghasilan yang tetap entah itu sebagai karyawan atau sebagai pengusaha," katanya.

2. Berapa sih idealnya dana pensiun?

Cara Siapkan Dana Pensiun agar Masa Tua Kamu Sejahtera ilustrasi uang (IDN Times/Umi Kalsum)

Untuk banyaknya dana pensiun yang harus disiapkan ada berbagai macam referensi yang ada. Salah satunya adalah minimal 80 persen dari proyeksi pendapatan tahunan yang akan kita terima di usia pensiun nanti.

"Dasarnya mengapa 80 persen saja karena dianggap kebutuhan di usia pensiun nanti tidaklah sebanyak di usia produktif," ujar Ngurah.

3. Bagaimana cara menyiapkan dana pensiun?

Cara Siapkan Dana Pensiun agar Masa Tua Kamu Sejahtera Ilustrasi Uang, Investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Ngurah juga memberikan tips nih untuk kamu yang berada di usia produktif untuk mempersiapkan dana pensiun. Cara mengelola dana pensiun yang paling sederhana adalah dengan memiliki investment planning yang tepat.

Pemilihan investasi yang tepat akan tergantung dengan berapa dana yang saat ini dimiliki, berapa target yang ingin dikumpulkan dan instrumen investasi apa yang secara historikal sesuai dengan tujuan mempersiapkan dana di hari tua.

"Dengan memproyeksikan pendapatan tahunan hingga usia pensiun diperoleh berapa yang harus dipersiapkan," katanya.

Sudah mulai terbayang dong untuk mempersiapakan dana hari tua? Kira-kira berapa ya yang harus disiapkan agar di hari tua nanti kita bisa hidup aman dan sejahtera?

Baca Juga: Jangan Tunda, 7 Alasan Kamu Perlu Siapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya