Comscore Tracker

Cerai dari Indofood, Fritolay-PepsiCo Dilarang Jualan di RI 3 Tahun

Kamu gak bisa lagi menikmati Lays, Doritos, hingga Cheetos

Jakarta, IDN Times - Pecahnya kongsi antara PepsiCo Inc. dengan PT Indofood CBP Sukses Makmur membuat PepsiCo Inc., dan Fritolay Netherlands Holding BV (Fritolay) dilarang beroperasi di Indonesia. Larangan itu termasuk untuk memproduksi hingga menjual produk makanan apa pun selama tiga tahun ke depan.

"Fritolay, PepsiCo dan/atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun dari sejak berakhirnya masa transisi," kata Corporate Secretary ICBP, Gideon A. Putro, dalam keterbukaan informasinya kepada Bursa Efek Indonesia yang dikutip Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga: Ini Alasan Lays,  Cheetos dan Doritos Gak Beredar Lagi di Indonesia 

1. PepsiCO dilarang beroperasi di pasar Indonesia mulai Agustus 2021

Cerai dari Indofood, Fritolay-PepsiCo Dilarang Jualan di RI 3 TahunLogo PepsiCo (Pepsico.com)

Dilarangnya Fritolay dan PepsiCo di pasar Indonesia mulai berlaku pada Agustus 2021 atau sejak dimulainya masa transisi enam bulan sejak dilakukannya transaksi yakni pembelian 49 persen Fritolay Makmur (IFL) yang dimiliki Fritolay Netherlands Holding B.V (Fritolay), afiliasi dari PepsiCo Inc., dari total seluruh saham yang telah diterbitkan IFL, dengan nilai transaksi sekitar Rp494 miliar yang akan didanai dari kas internal PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Perseroan).

"Sehubungan dengan dilakukannya Transaksi, maka IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo setelah IFL menyelesaikan semua proses persiapan penghentian produksi dan penjualan prpduk dengan merek PepsiCo, yang harus sudah diselesaikan dalam waktu enam bulan dari sejak tanggal dilakukannya Transaksi (Masa Transisi)," kata Gideon.

2. Kerja sama 30 tahun yang akhirnya berakhir

Cerai dari Indofood, Fritolay-PepsiCo Dilarang Jualan di RI 3 TahunSnack Lays (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Diberitakan sebelumnya, makanan ringan Lays, Doritos, hingga Cheetos akan berhenti diproduksi di Indonesia. Hal itu imbas pecah kongsi antara PepsiCo Inc. dengan PT Indofood CBP Sukses Makmur. Kerja sama tersebut berakhir setelah berjalan selama 30 tahun.

"PepsiCo telah menyetujui penjualan saham minoritas kami di PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang merupakan perusahaan joint venture makanan ringan kepada mitra usaha kami, PT Indofood CBP Sukses Makmur," demikian keterangan tertulis PepsiCo yang diterima IDN Times, Kamis (18/2/2021).

3. PepsiCo berharap bisa kembali ke pasar Indonesia

Cerai dari Indofood, Fritolay-PepsiCo Dilarang Jualan di RI 3 Tahunresponsable.net

PepsiCo pun berharap dapat kembali lagi ke pasar Indonesia. PepsiCo ingin kembali memproduksi makanan ringan seperti Lays, Doritos dan Cheetos sesegera mungkin.

"Untuk kembali menciptakan lebih banyak senyuman di setiap tegukan dan setiap gigitan," tulisnya.

Baca Juga: Pepsi Resmi Undur Diri dari Indonesia per 10 Oktober 2019 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya