Comscore Tracker

Direksi TVRI Kesal Dituduh Siarkan Discovery Channel Saat Banjir 

Salah satu alasan pemecatan Helmy Yahya karena tayangan ini

Jakarta, IDN Times - Direktur Program dan Berita TVRI Apni Jaya Putra kesal dengan pernyataan Dewan Pengawas yang mengatakan TVRI lebih memilih menayangkan Discovery Channel saat banjir Jakarta daripada berita banjir Jakarta.

"Kita tayang (banjir Jakarta), cuma slotnya harus Discovery. Tapi besoknya setelah kita konsolidasi 18 jam lebih, breaking news dari berbagai tempat," kata Apni usai rapat bersama Komisi I DPR terkait pemberhentian Direktur Utama (Dirut) TVRI Helmy Yahya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (27/1).

Masalah penayangan Discovery Channel tersebut menjadi salah satu persoalan yang diangkat oleh Dewas TVRI sebagai alasan pemecatan Dirut TVRI Helmy Yahya.

1. Kekecewaan kru pemberitaan TVRI

Direksi TVRI Kesal Dituduh Siarkan Discovery Channel Saat Banjir Rapat Komisi I DPR dengan Direksi TVRI terkait pemberhentian Helmy Yahya dan polemik dengan Dewan Pengawas (Dewas) TVRI (IDN Times/Helmi Shemi)

Apni menyayangkan perkataan Dewas yang dinilainya melukai perasaan karyawan TVRI, khususnya divisi pemberitaan yang bekerja menayangkan banjir Jakarta.

"Mereka (kru pemberitaan) pergi saat longsor di Babakan Madang di Bogor, saya di lokasi, gimana. Saya ya sudahlah, kadang-kadang gak pakai data juga ngomongnya dewas itu," ujarnya.

2. Bahkan ada kru TVRI yang tetap bekerja meski kebanjiran

Direksi TVRI Kesal Dituduh Siarkan Discovery Channel Saat Banjir (Banjir karena lubernya Terusan Kali Psanggrahan, Jakarta Barat) IDN Times/Anata

Apni menambahkan, bahkan kru pemberitaan tetap bekerja meski rumah mereka ada yang terdampak banjir Jakarta.

"Tidak menghormati anak-anak news yang berjibaku saat banjir. Untung anak-anak news saya gak marah dibilang gitu. Jangan lupa, karyawan kita juga ada yang jadi korban banjir, ngumpulin mereka juga perlu waktu," katanya.

"Tapi apakah (banjir Jakarta) tayang di breaking news? Tayang. Saya tunjukin buktinya," imbuh Apni.

Baca Juga: Helmy Yahya Dipecat, Spanduk #SaveTVRI Membentang di Gedung TVRI 

3. Alasan pemecatan Helmy Yahya

Direksi TVRI Kesal Dituduh Siarkan Discovery Channel Saat Banjir Helmy Yahya (IDN Times/Ileny Rizky)

Dalam rapat dengar pendapat antara Dewas dan Komisi I DPR, Selasa (21/1), Ketua Dewan Pengawas TVRI Arief Hidayat menyinggung sejumlah alasan pemecatan Helmy Yahya. Mulai dari siaran Liga Inggris, penayangan buaya Afrika di Discovery Channel, hingga TVRI yang terlalu mengejar share dan rating.

"Waktu ada banjir juga kami sedang tayangkan Discovery Channel, ini dikritik publik, kok lagi banjir Discovery Channel-nya tayang terus, tak peduli banjir. Ini miris, kami sudah tegur direksi tapi tetap dilanjutkan," kata Arief.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Alasan Dewas TVRI Pecat Helmy Yahya karena Siarkan Liga Inggris

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya