Comscore Tracker

Direktur Sido Muncul Puji Cara Jokowi Menata Perekonomian Indonesia

Ia juga mengkritik masih lemahnya sektor investasi

Jakarta, IDN Times - Direktur PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat memuji kinerja Presiden Joko 'Jokowi' Widodo yang sejak Oktober 2029 lalu memasuki periode kedua kepemimpinannya.  Banyak hal yang telah dibenahi Jokowi, khususnya di bidang perekonomian.

Pembenahan di bidang infrastruktur, misalnya, sangat membantu dunia usaha.  "Pak Jokowi sudah on the right track," kata Irwan dalam program Suara Millennial by IDN Times di kantornya, Jakarta, Selasa (14/1).

Meski begitu, Irwan tetap memberi catatan khusus untuk Jokowi dalam hal menggaet investor.

1. Jokowi berprinsip market oriented

Direktur Sido Muncul Puji Cara Jokowi Menata Perekonomian IndonesiaPresiden Jokowi di Abu Dhabi (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Irwan mengatakan,  Jokowi memiliki prinsip orientasi pasar (market oriented) dalam membangun sektor ekonomi Indonesia. Ia memuji bagaimana 5 tahun pertama Jokowi fokus pada sektor infrastruktur sehingga memudahkan distribusi ekonomi.

"Karena yang dibutuhkan pasar adalah infrastruktur. Seperti pelabuhan, jalan, listrik. Ini dibangun 5 tahun pertama. Tinggal tunggu investor," ujarnya.

2. Irwan menunggu gebrakan omnibus law

Direktur Sido Muncul Puji Cara Jokowi Menata Perekonomian IndonesiaPresident Director PT Sido Muncul, Irwan Hidayat (IDN Times/Helmi Shemi)

Meski demikian, Irwan menggarisbawahi ada pekerjaan rumah (PR) bagi Jokowi yakni menarik investor masuk ke Indonesia. Untuk itu, ia berharap omnibus law dapat segera dilaksanakan.

"Di omnibus law ada konsentrasi di perpajakan. Kedua, tenaga kerja. Ini jadi masalah karena tidak dikelola. Ketiga, omnibus law di UMKM. Kalau pajak baik, mendatangkan uang bisa untuk membangun," kata Irwan.

3. Irwan yakin investasi bisa mengurangi pengangguran

Direktur Sido Muncul Puji Cara Jokowi Menata Perekonomian IndonesiaLogo PT Sido Muncul (IDN Times/Helmi Shemi)

Dengan adanya omnibus law, Irwan mengatakan investasi lebih mudah masuk ke Indonesia. Dengan masuknya investasi, ia yakin Indonesia bisa mengurangi pengangguran.

"Tiap satu persen investasi menciptakan lapangan kerja. Millennial harus ikut membantu pemerintah bagaimana agar aturan tidak dipersulit," katanya.

Ia juga meminta masyarakat tidak mudah percaya hoaks terkait investasi. "Jangan tertipu sama hoaks, yang katanya investor dari negara tertentu akan menguasai. Itu nda betul semua. Investor dibutuhkan. Kalau cuma investasi dalam negeri tidak bisa cepat (pertumbuhan ekonomi)," ujar generasi kedua Sido Muncul itu.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

https://www.youtube.com/embed/_jfbwKNnpRY

Baca Juga: Berdiri Hampir 7 Dekade, Ini 4 Kunci Sukses Sido Muncul

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Anata Siregar

Just For You