Comscore Tracker

Himpun Rp10 M, East Ventures Dukung Produksi 100.000 Test Kit COVID-19

Test kit dikembangkan Nusantics

Jakarta, IDN Times - Nusantics, startup deep-tech bidang genomic yang tergabung dalam keluarga besar East Ventures, kini tengah mengembangkan test kit untuk pengujian infeksi COVID-19. Proyek ini adalah bagian dari tugas Nusantics sebagai anggota Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19) yang dibentuk oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Selama 3 pekan ke depan, Nusantics akan menggunakan keahlian dan sumber daya milik perusahaan dalam bidang genetika untuk mengembangkan test kit qPCR, yang didesain spesifik untuk populasi Indonesia berdasarkan hasil riset tentang COVID-19 dari seluruh dunia.

Perusahaan berkomitmen menyediakan 100 set test kit qPCR sebagai prototipe, kemudian bekerja sama dengan beberapa perusahaan dan instansi, termasuk Biofarma dan International Institute for LIfe Science memproduksi massal dengan target 100.000 test kit.

Teknologi yang Nusantics gunakan dalam analisis skin microbiome hampir sama dengan teknologi yang dibutuhkan untuk mendeteksi COVID-19.

"Personel Nusantics memiliki pengalaman dalam mendesain medical test-kit dan analisis bioinformatics di proyek sejenis. Didukung dengan kepemimpinan BPPT yang terbuka dan partner Nusantics yang bervisi sama, kami sedang mengembangkan 100.000 test kit menargetkan secara yang spesifik profil mutasi COVID-19 terbaru," kata CEO Nusantics Sharlini Eriza Putri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3).

1. Dukungan dana Rp10 miliar

Himpun Rp10 M, East Ventures Dukung Produksi 100.000 Test Kit COVID-19East Ventures menginisiasi gerakan pengembangan dan produksi 100.000 test kit COVID-19 (Dok. East Venture)

Baca Juga: Pilih Rapid Test untuk COVID-19, Pemerintah Siapkan 1 Juta Kit 

East Ventures akan meluncurkan gerakan Indonesia Pasti Bisa sebagai sebuah platform untuk mengerahkan seluruh kekuatan ekosistem digital perusahaan untuk mendukung upaya Nusantics di dalam tim TFRIC19 yang dibentuk BPPT.

Sebagai langkah awal, East Ventures akan menghimpun pendanaan dengan target Rp10 miliar. Dana senilai Rp9 miliar akan digunakan untuk mendukung inisiatif Nusantics menyediakan 100.000 test kit secara gratis, sedangkan dana Rp1 miliar akan digunakan untuk proyek whole genome sequencing.

“Ini pertama kalinya East Ventures memimpin fund raising non-profit. East Ventures mendapatkan berita keterlibatan salah satu portofolio East Ventures yaitu Nusantics di dalam task force BPPT pada Minggu (22/3). Ini membuat kami terdorong untuk berpartipasi lebih jauh dan berinisiatif untuk mengajak segenap ekosistem digital untuk berkontribusi," kata Co-founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca.

2. Nusantics juga lakukan analisa mutasi virus penyebab COVID-19

Himpun Rp10 M, East Ventures Dukung Produksi 100.000 Test Kit COVID-19East Ventures menginisiasi gerakan pengembangan dan produksi 100.000 test kit COVID-19 (Dok. East Venture)

Secara paralel, Nusantics juga akan melaksanakan proyek whole genome sequencing untuk memetakan mutasi virus penyebab COVID-19 yang menyebar di Indonesia. Pemetaan genomika berbagai varian virus penting karena virus cenderung untuk bermutasi dengan cepat ke beragam bentuk yang unik sesuai wilayah penyebarannya.

Hasil dari pemetaan genomika virus kemudian akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan vaksin. Selain itu, data tersebut bisa dimanfaatkan untuk memvalidasi test kit hasil pengembangan Nusantics dan test kit lain yang digunakan di Tanah Air.

3. Bagaimana caranya saya bisa ikut berpartisipasi?

Himpun Rp10 M, East Ventures Dukung Produksi 100.000 Test Kit COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu bisa berpartisipasi dalam upaya ini dengan menyumbangkan dana, bahan baku dan peralatan, atau tenaga dan keahlian dengan mengakses Indonesiapastibisa.com. Gerakan urun dana akan dimulai pada Senin, 30 Maret 2020 pukul 09.00 WIB.

Gerakan Indonesia Pasti Bisa akan dijalankan berdasarkan prinsip responsibilitas, akuntabilitas, dan transparansi. East Ventures akan memastikan setiap pihak bekerja dengan optimal sesuai prinsip dan result-oriented. Progres dan hasil dari proyek akan terus dipantau, termasuk keandalan dan penggunaan test kit yang telah didistribusikan.

4. Transparansi penghimpunan dana

Himpun Rp10 M, East Ventures Dukung Produksi 100.000 Test Kit COVID-19IDN Times/Kevin Handoko

Koinworks, perusahaan fintech tepercaya dan berizin operasi, bergabung sebagai mitra akuntabilitas untuk menyediakan dan mengelola platform urun dana. Dana yang terkumpul akan langsung dan hanya disalurkan untuk pembelian bahan baku dan peralatan agar berdampak sebesar mungkin untuk publik. Penggunaan dana juga akan diaudit oleh pihak ketiga.

“KoinWorks akan menggunakan keahlian dan teknologi kami dalam aktivitas crowdfunding untuk menyediakan platform akuntabilitas yang jelas dan transparan. Teknologi yang kami gunakan adalah teknologi yang sama saat kami mengumpulkan ribuan pendana untuk mendanai sebuah pinjaman di platfom kami," kata Co-founder dan Executive Chairman KoinWorks Willy Arifin.

Sementara IDN Media akan terlibat sebagai mitra transparansi. Setiap pekan, perkembangan dan hasil kerja tim akan dipublikasi. Adapun, setiap donasi yang masuk akan ditampilkan di situs web Indonesiapastibisa.com dengan timestamp dan nilai.

“Tidak hanya menyuguhkan konten-konten yang relevan dan berguna bagi pembaca, kami juga tidak pernah ragu untuk turut ambil bagian dalam inisiatif-inisiatif yang bertujuan positif bagi masyarakat Indonesia secara luas. IDN Media merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk ambil bagian dalam upaya menekan penyebaran COVID-19," kata
Founder dan CEO IDN Media Winston Utomo.

 

 

Baca Juga: Bantu Perkembangan Ekonomi Digital, Triawan Munaf Gabung East Ventures

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya