Comscore Tracker

Erick Thohir Pastikan PLN Batu Bara Bubar Akhir Tahun Ini

Dua opsi dikaji terkait rencana pembubaran PLN Batu Bara

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan membubarkan PT PLN batu bara pada akhir tahun ini. Ada dua opsi yang sedang dikaji terkait pembubaran tersebut, apakah akan ditutup atau digabungkan dengan perusahaan lain alias merger.

"Bisa (dibubarkan) akhir tahun ini ya. Salah satunya PLN batu bara ditutup, ada dua opsi kan, di merger atau ditutup," kata Erick dalam konferensi pers, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Erick Thohir Umumkan Pembentukan Subholding PLN Tahun Ini

1. PLN masih lakukan kajian menyeluruh

Erick Thohir Pastikan PLN Batu Bara Bubar Akhir Tahun IniIlustrasi Tambang Batu Bara (IDN Times/Aditya Pratama)

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan perusahaan sedang mengkaji terkait pembubaran PT PLN batu bara pada akhir tahun ini. Salah satu yang sedang dikaji adalah terkait rantai pasok.

"Arahan Pak Menteri adalah kami dari PLN melakukan review secara menyeluruh mengenai rantai pasok batu bara," ujar Darmawan.

Baca Juga: PLN Batu Bara Mau Dibubarkan, Ini Alasan Erick Thohir

2. Penyederhanaan bisnis PLN batu bara

Erick Thohir Pastikan PLN Batu Bara Bubar Akhir Tahun IniDirektur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (Dok. PLN)

Lebih lanjut, kajian tersebut membahas bagaimana agar bisnis PLN batu bara yang tadinya sangat kompleks, panjang, dan berbelit-belit akan disederhanakan. Sehingga nantinya menjadi rantai pasok tersebut menjadi lebih andal, efisien, dan efektif.

"Di mana ada titik lengah, dipercepat. Maka semua harus dilakukan termasuk salah satunya adalah kita sedang me-review secara bisnis proses, ide operasional dan struktur organisasi maupun sumber daya manusia untuk menuju arah likudiasi batu bara," kata Darmawan menjelaskan.

3. Pembubaran PLN Batu Bara jadi bagian dari transformasi PLN tahun ini

Erick Thohir Pastikan PLN Batu Bara Bubar Akhir Tahun IniPLN berhasil hubungkan kelistrikan 3 Kabupaten di Papua Dogiyai, Deiyai dan Paniai (Dok. PT PLN)

Sebelumnya diberitakan, Erick Thohir bertekad melakukan transformasi di tubuh PLN pada tahun ini. Sebelum PLN, Kementerian BUMN terlebih dahulu melakukan transformasi di Pertamina, Pelindo, Telkom, Bank-bank Himbara, dan Klaster Kesehatan.

"Salah satunya adalah tadi bagaimana kita akan juga me-review keberadaan PLN Batu Bara yang merupakan anak perusahaannya PLN. Jangan sampai ini jadi kepanjangan birokrasi lagi yang tidak penting," kata Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Tunjuk Maya Watono Jadi Direktur Marketing InJourney

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya