Comscore Tracker

Garuda Grounded Pesawatnya yang Bawa Turis Tiongkok Kena Virus Corona

Garuda melakukan disinfeksi ke seluruh area kabin pesawat

Jakarta, IDN Times - PT Garuda Indonesia grounded pesawat mereka yang sempat ditumpangi oleh seorang warga Tiongkok bernama Jin dan kemudian dinyatakan positif terjangkit virus corona. Ia didiagnosa positif terjangkit virus corona pada (5/2) lalu. 

Namun, sebelumnya, Jin diketahui sempat terbang dari Tiongkok menuju ke Bali lalu ke Shanghai dan kembali ke negara asalnya. Jin menumpang Lion Air untuk berangkat dari Tiongkok ke Bali pada (22/1) lalu. 

Sedangkan, untuk kembali ke Tiongkok melewati Shanghai, Jin menumpang maskapai Garuda Indonesia pada (28/1) lalu. 

Mengetahui hal itu manajemen maskapai pelat merah itu kemudian melakukan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Pesawat dengan kode GA 858 tersebut kini disterilisasi dengan penyemprotan ke seluruh area kabin. Mereka juga mengganti filter High Efficiency Particulate Arresting (HEPA).

Lalu, apakah dengan disemprot bisa terjamin area di kabin pesawat dapat steril?

1. Proses disinfeksi merupakan prosedur untuk cegah penyebaran virus corona di kabin pesawat

Garuda Grounded Pesawatnya yang Bawa Turis Tiongkok Kena Virus CoronaEconomy Class Pesawat Garuda Airbus A330-900neo (IDN Times/Kevin Handoko)

Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt Tumpal M Hutapea dalam surat elektroniknya yang diterima di Makassar pada Kamis (13/2) mengatakan langkah ini untuk memastikan aspek kebersihan kabin dan kargo pesawat dengan sterilisasi terhadap kuman, khususnya virus corona.

"Disinseksi armada dilakukan khususnya pada armada yang sebelumnya melayani penerbangan dari dan menuju Tiongkok," katanya seperti dilansir dari kantor berita Antara

Selain itu upaya tersebut dilakukan sejalan dengan peningkatan epidemi virus corona di sejumlah negara.

“Hal tersebut merupakan proses standar safety dan kebersihan Garuda Indonesia yang dilakukan pada kondisi penyebaran epidemi virus wabah penyakit," ungkap Capt Tumpal.

Baca Juga: Pemerintah Belum Larang Terbang ke Tiongkok Terkait Virus Corona

2. Manajemen juga memeriksa awak kabin yang melayani rute Denpasar-Shanghai

Garuda Grounded Pesawatnya yang Bawa Turis Tiongkok Kena Virus CoronaIlustrasi penerbangan (IDN Times/Uni Lubis)

Selain kabin dan kargo, Garuda Indonesia juga memeriksa awak pesawat mereka yang bertugas pada rute Tiongkok. Prosedural pemeriksaan kesehatan rutin dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara pada saat sebelum dan setelah bertugas.

3. Kemenkes bantah turis Tiongkok terjangkit virus corona saat tengah melancong di Bali

Garuda Grounded Pesawatnya yang Bawa Turis Tiongkok Kena Virus CoronaIlustrasi turis dari Tiongkok. Dok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya diberitakan Kementerian Kesehatan Indonesia sudah membantah Jin terinfeksi virus corona saat berada di Bali. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Ahmad Yurianto mengatakan Jin diduga terjangkit virus corona ketika mengunjungi Shanghai. Prediksi itu ia sampaikan dengan mendasarkan pada masa inkubasi virus 10 hari. 

Achmad mengatakan bila mengacu ke masa inkubasi maka Jin kemungkinan terpapar virus corona pada 10 hari sebelum tanggal 5 Februari. 

"Artinya kalau dihitung mundur dari tanggal 5 Februari, ketemunya 27 atau 28 Januari," ujar Ahmad melalui video conference dari lokasi observasi di Kepulauan Natuna pada Kamis (13/2). 

Kemenkes kemudian menganalisa data pengiriman spesimen ke Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dari Bali.

Hingga 28 Januari terdapat pengiriman spesimen sebanyak 14 orang dari Bali. Seluruh spesimen dari hasil pemeriksaan terbukti negatif.

Baca Juga: Kemenkes: Turis Tiongkok Tidak Tertular Virus Corona di Bali 

Topic:

  • Santi Dewi
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya