Comscore Tracker

Garuda Indonesia Jamin Penerbangan Normal usai Lolos dari Gugatan PKPU

PN Jakarta Pusat menolak gugatan itu

Jakarta, IDN Times - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menjamin penerbangan berjalan normal pascaputusan dalam kasus gugatan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan menolak gugatan yang dilayangkan oleh My Indo Airlines selaku kreditur.

"Selanjutnya Garuda akan tetap berfokus pada upaya restrukturisasi kewajiban usaha dan operasinya, serta menjamin operasi penerbangan untuk angkutan penumpang dan kargo berjalan normal," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulis, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Garuda Indonesia Santer Dikabarkan Pailit, Manajemen Buka Suara

1. Garuda Indonesia bantah sedang pailit

Garuda Indonesia Jamin Penerbangan Normal usai Lolos dari Gugatan PKPUIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sebelumnya, Garuda Indonesia membantah kabar perusahaan mereka pailit. Mereka menyatakan saat ini, perseroan masih terus melakukan restrukturisasi utang-utangnya.

Bantahan itu disampaikan manajemen Garuda Indonesia dalam keterbukaan informasi di situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam keterangan resminya tersebut, manajemen mengaku belum mendapatkan informasi soal opsi kepailitan tersebut.

"Sampai dengan saat ini, belum ada informasi resmi yang diterima perseroan berkenaan dengan opsi tindak lanjut pemulihan kinerja perseroan yang saat ini berkembang di media massa," tulis manajemen Garuda Indonesia, seperti dikutip dari situs resmi BEI, IDN Times, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Digugat PKPU oleh My Indo Airlines, Ini Tanggapan Bos Garuda Indonesia

2. Garuda Indonesia fokus pada perbaikan fundamental kinerjanya

Garuda Indonesia Jamin Penerbangan Normal usai Lolos dari Gugatan PKPULivery masker pesawat Garuda Indonesia (Dok.Garuda Indonesia)

Dalam keterangan tersebut, manajemen Garuda Indonesia menegaskan pihaknya terus melakukan langkah-langkah strategis dalam mengakselerasi pemulihan kinerja dengan fokus utama pada perbaikan fundamental kinerja perseroan.

"Yakni dengan penguatan basis performa finansial maupun fokus model bisnis dalam jangka panjang, melalui program restrukturisasi menyeluruh yang saat ini tengah kami rampungkan. Upaya tersebut turut kami intensifkan melalui berbagai upaya langkah penunjang perbaikan kinerja khususnya dari aspek operasional penerbangan," tulis manajemen Garuda Indonesia.

3. Garuda Indonesia optimistis penerbangan dalam negeri akan segera bangkit

Garuda Indonesia Jamin Penerbangan Normal usai Lolos dari Gugatan PKPUIlustrasi jawal penerbangan pesawat. (IDNTimes/Larasati Rey)

Di sisi lain, manajemen Garuda Indonesia optimistis dengan sinyal positif outlook industri penerbangan nasional di tengah situasi pandemik yang mulai terkendali. Pembukaan kembali sektor pariwisata unggulan Indonesia juga mengiringi optimisme Garuda Indonesia tersebut.

"Ini menjadi momentum penting dalam langkah langkah perbaikan kinerja yang saat ini hingga kedepannya akan terus kami optimalkan secara bertahap dan terukur sejalan dengan perbaikan fundamental kinerja operasi perseroan di masa adaptasi kebiasaan baru ini," kata mereka.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya