Comscore Tracker

Garuda Indonesia Rancang Penerbangan Langsung ke Bali bagi Turis Asing

Biar turis asing bisa lebih banyak berbelanja

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pihaknya tengah menjalin kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membuka penerbangan langsung (direct flying) dari dan ke Bali bagi wisatawan luar negeri.

"Kami dengan kementerian pariwisata sepakat kalau mau undang pariwisata dari luar, cara satu satunya adalah memperkenalkan direct flying," kata Irfan dalam rapat bersama Komisi X DPR RI, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

1. Beberapa kota yang bisa terbang langsung dari dan ke Bali

Garuda Indonesia Rancang Penerbangan Langsung ke Bali bagi Turis AsingDirektur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Irfan Setiaputra. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Rencananya, Garuda Indonesia akan membuka penerbangan langsung dari Prancis, Delhi, Mumbai, San Fransisco, dan Los Angeles. Alasannya, wisatawan mancanegara di negara dan kota tersebut dinilai memiliki kemampuan pengeluaran lebih tinggi dan bisa lebih lama tinggal di Indonesia.

"Mereka bisa stay lebih lama di Indonesia sehingga kita bisa membawa mereka ke Bali dan kemudian ke beberapa daerah lainnya. Bukan dari Jakarta," ujar Irfan.

Dengan penerbangan langsung ini, ia berharap wisman dapat mengalokasikan waktu dan membelanjakan uangnya lebih banyak selama berlibur.

"Kita akan lebih fokus penerbangan langsung dari dan ke Bali dengan waktu yang cocok mendarat di Bali sebelum siang hari dan malam hari sehingga kalau mereka check out dari hotel dan menuju airport, mereka bisa alokasikan dana lebih banyak untuk keperluan lainnya selama di Bali.

Baca Juga: Penjelasan Dirut Garuda Soal Penumpangnya Meninggal di Maskapai

2. Penerbangan Bali terdampak COVID-19

Garuda Indonesia Rancang Penerbangan Langsung ke Bali bagi Turis AsingIDN Times/Irma Yudistirani

Irfan mengatakan sebelum terjadi wabah COVID-19, Garuda Indonesia memiliki 16 penerbangan Jakarta-Denpasar. Namun, kini hanya satu penerbangan dengan penumpang berkisar 15-20 orang saja.

"Ini karena Pemda Bali membatasi untuk khusus penumpang yang punya (tes) PCR yang untuk pesawat ya," kata dia.

3. Dampak COVID-19 dan pergerakan penumpang di masa new normal

Garuda Indonesia Rancang Penerbangan Langsung ke Bali bagi Turis AsingIDN Times/Reja Gussafyn

Dalam rapat tersebut, Irfan memaparkan terjadi penurunan wisatawan mancanegara hingga 87 persen di bulan April dan 90 persen di bulan Mei. "Kita harap pariwisata mulai meningkat di Juni ini tapi kami saksikan ada beberapa hal dalam menyikapi pariwisata ini," katanya.

Perubahan ini terjadi karena ada 5 negara yang membatasi warga negaranya berpergian ke luar negeri. Padahal kelima negara tersebut menjadi penyumbang terbesar wisman ke Indonesia, salah satunya adalah Australia.

Baca Juga: Dirut Garuda: Jangan Sampai Masyarakat Berlomba Liburan ke Luar Negeri

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya