Comscore Tracker

Harga Minyak Dunia Turun, Pertamina akan Sesuaikan Harga BBM? 

Pertamina klaim harga mereka lebih murah dari pesaing

Jakarta, IDN Times - Harga minya dunia masih menurun seiring ketegangan antara Arab Saudi dan Rusia. Saat ini, menurut data Oilprice.com yang dikutip pada Senin (23/3), harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Mei turun 2,28 persen atau menjadi US$28,34 per barel.

Adapun untuk WTI crude mengalami kenaikan 0,22 persen atau menjadi US$22,68 per barel.

Menanggapi hal tersebut, VP Corporate Communication PT Pertamina Fazriyah Usman mengatakan Pertamina akan menyesuaikan harga mengikuti peraturan pemerintah.

"Sampai saat ini harga BBM mengacu pada ketentuan dari Kementrian ESDM, dan Pertamina selalu comply dengan hal tersebut. Apabila nanti ada perubahan peraturan atau kebijakan, Pertamina akan menyesuaikan," kata Fazriyah dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3).

1. Apa saja pertimbangan BBM bisa turun?

Harga Minyak Dunia Turun, Pertamina akan Sesuaikan Harga BBM? Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Kerja di Rumah, Masyarakat Bisa Nikmati Pesan Antar BBM dan Elpiji 

Fazriyah menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan Pertamina menyesuaikan harga BBM selain dari acuan minyak dunia.

Faktor tersebut adalah nilai tukar rupiah terhadap dolar dan inflasi.

"Perhitungan harga jual BBM non Subsidi dan Non Penugasan ditetapkan Pertamina periodik bulanan dengan mempertimbangkan salah satunya adalah perkembangan harga minyak dan harga BBM di pasaran," kata Fazriyah.

2. Klaim harga BBM Pertamina kini lebih rendah dari pesaingnya

Harga Minyak Dunia Turun, Pertamina akan Sesuaikan Harga BBM? IDN Times/Dhana Kencana

Pertamina juga akan mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM Non subsidi. Sedangkan harga BBM subsidi atau penugasan adalah kewenangan pemerintah untuk penetapan harga jualnya. Harga yang sekarang ini, lanjut Fazriyah, sudah lebih rendah dibanding dari harga penjual BBM lainnya.

"Pertamina sudah melakukan penurunan harga BBM non subsidi sejak Februari lalu dan harga BBM Pertamina yang berlaku saat ini masih kompetitif," ujarnya.

3. Harga BBM non subsidi saat ini

Harga Minyak Dunia Turun, Pertamina akan Sesuaikan Harga BBM? Ilustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Menurut data Pertamina, harga jual BBM non subsidi Pertamina di SPBU saat ini sebagai berikut:

Gasoline:

  • Pertamax Turbo ( RON 98) Rp.9.850 per liter
  • Pertamax ( RON 92) Rp.9.000 per liter
  • Pertalite (RON 90) Rp.7.650 per liter

Gasoil :

  • Pertamina Dex (CEN 53) Rp.10.200 per liter
  • Dexlite ( CEN 51) Rp.9.500 per liter

"Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar sebagai faktor utama yang menentukan harga BBM," kata Fazriyah mengakhiri.

Baca Juga: Pemerintah Buka Peluang Penurunan Harga BBM

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya