Comscore Tracker

Hore, Mendag Pastikan Harga Cabai Merah dan Bawang Putih Bisa Turun

Harga bahan pokok turun, ramadan pun tenang

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan harga sejumlah barang pokok seperti cabai merah dan bawang putih bisa turun jelang bulan puasa. Dalam peninjauan harga dan stok bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati, Lutfi menyebut harga cabai dan bawang sudah stabil di kisaran Rp18.000-Rp21.000.

"Kemudian harga cabai keriting yang sempat di atas Rp100 ribu, hari ini mendekati Rp70 ribu, bahkan ketika nanti panen malah (harganya) akan turun lagi, begitu juga dangan cabai merah," kata Lutfi di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Harga Cabai Masih Mahal Bikin Pedagang Rujak Di Pamulang Senyum Kecut 

1. Lutfi jamin stok bahan pokok aman selama bulan puasa dan Idul Fitri

Hore, Mendag Pastikan Harga Cabai Merah dan Bawang Putih Bisa TurunIlustrasi cabai merah dan cabai hijau (IDN Times/Saifullah)

Selain memastikan harga bahan pokok sepertu cabai merah dan bawang putih yng stabil, Lutfi juga memastikan stok bahan pokok aman tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa hingga Idul Fitri.

"Mudah-mudahan dengan ini puasa kita bisa lebih tenang, lebih baik dan suplai saya jamin dan pastikan barang ada dan tersedia," ujarnya.

2. Antisipasi potensi gagal panen

Hore, Mendag Pastikan Harga Cabai Merah dan Bawang Putih Bisa TurunANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Meski menyebut harga cabai merah dan bawang putih bisa turun, Lutfi juga mewaspadai potensi gagal panen yang dapat memengaruhi harga bahan pokok. Berdasarkan hasil pembicaraannya dengan para pedagang pasar, salah satu solusi yang bisa dijalankan pemerintah adalah dengan pola tanam yang dipisahkan.

"Jangan melulu pada saat panen bersamaan harga jatuh dan ketika barang tidak ada harga naik. Ini yang akan kita jaga," kata eks Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat ini.

Baca Juga: Stok Pangan Aman Jelang Ramadan, Tapi Harga Naik

3. Yakin stok tercukupi dari dalam negeri

Hore, Mendag Pastikan Harga Cabai Merah dan Bawang Putih Bisa TurunMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi meninjau harga dan stok bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati. (Dok. Kemendag)

Ketika ditanya soal impor apakah diperlukan untuk menutup produksi dalam negeri, Lutfi juga mengatakan dengan ketersediaan stok yang ada saat ini bisa dipenuhi dari produksi dalam negeri

"Kalau kita lihat semua barang sudah tersedia semua. Kalau kita lihat harga beras kemarin dari Padang untuk beras yang premium dan yang medium semua harga stabil. Tidak ada penurunan harga. Semua bisa tercukupi dari dalam negeri," paparnya.

Baca Juga: Sempat Tembus Rp110 Ribu, Harga Cabai Rawit di Sleman Mulai Turun

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya