Comscore Tracker

IMS 2020: Mari Elka, Jodoh dan Perjuangan Mengejar Gelar Doktor

Simak visinya di Indonesia Millennial Summit 2020

Jakarta, IDN Times - Mari Elka Pangestu resmi ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

Menilik dari rekam jejaknya, Mari sangat pantas menjadi Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia. Bagaimana tidak, Mari tercatat di DIKTI sebagai perempuan pertama yang punya gelar S3 di ekonomi.

Mari akan menjadi pembicara dalam Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Media bertema "Shaping Indonesia's Future" yang digelar 17 - 18 Januari 2020 di Gedung Tribrata, Jakarta.

Seperti apa kisah perjuangan Mari? Simak berikut ini

1. Sempat ditolak ibunya saat akan mengambil gelar S3

IMS 2020: Mari Elka, Jodoh dan Perjuangan Mengejar Gelar DoktorIDN Times/Naila Pringgadani

Mari merupakan putri dari J.J. Panglaykim, seorang ekonom terkenal di Indonesia. Ia memperoleh gelar Sarjana dan Master of Economics dari the Australian National University, Australia.

Berdasarkan data DIKTI, Mari berhasil meraih ijazah PhD pada 1986. "Saya pulang ke Indonesia sebagai perempuan pertama yang punya gelar S3 di ekonomi tanpa direncanakan," katanya.

Meski demikian, sang ibu sempat tidak merestui pendidikan doktor perempuan kelahiran Jakarta, 23 Oktober 1956 itu.

"Ketika saya mau ambil S3, ibu saya gak setuju. Ibu saya bilang, nanti kalau kamu kepinteran, gak ada yang mau kawin sama kamu," kata Mari menceritakan percakapan dengan ibunya.

Baca Juga: Ekonom Mari Elka Pangestu Ungkap 6 Alasan Energi Terbarukan Berkembang

2. Perempuan keturunan Tionghoa pertama yang masuk kabinet pemerintah

IMS 2020: Mari Elka, Jodoh dan Perjuangan Mengejar Gelar DoktorIDN Times/Indiana Malia

Mari merupakan perempuan keturunan Tionghoa pertama yang berhasil masuk ke jajaran kabinet. Ia menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia sejak 2004 hingga 2011.

Kemudian, pada 2011 sampai 2014 menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Mari juga menjadi Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia itu juga berada di jajaran direktur lembaga think tank ternama Indonesia, Center of Strategic and International Studies, yang berkantor di Jakarta.

3. Mari Elka aktif di berbagai kegiatan

IMS 2020: Mari Elka, Jodoh dan Perjuangan Mengejar Gelar DoktorIDN Times / Auriga Agustina

Mari juga terkenal aktif dalam berbagai forum perdagangan seperti PECC dan menjadi ekonom seperti ayahnya. Ia pun mengajar di Universitas Indonesia.

Mari juga pernah aktif dalam berbagai forum perdagangan seperti Dewan Kerja Sama Ekonomi Pasifik (PECC), Forum Ekonomi Dunia Davos (termasuk di berbagai Dewan Agenda Global), Forum Boao China untuk Asia, Panel Ekonom Asia, dan forum kepemimpinan internasional lainnya. Ia bahkan pernah bertugas di berbagai dewan perusahaan seperti Astra International.

Mari tercatat pernah bekerja dengan Jeffrey Sahcs di Sekjen PBB Millennium Development Goals (MDGs) Review (2003-2005). Dia juga menjadi ketua-33 Grup WTO (2005-2011), dan pernah dinominasikan sebagai kandidat untuk Direktur Jenderal WTO (2013).

Dia juga pernah terlibat dalam kerja sama regional untuk Dewan Kerjasama Asia Pasifik (APEC) dan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada 1987 - 2003.

Berlatar pengalamannya yang luar biasa ini, Mari akan berbagi pemikiran di IMS 2020  yang menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri 5.000 pengunjung. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di media sosial @idntimes

 

Baca Juga: Keren! Mari Elka Pangestu Terpilih Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Umi Kalsum

Just For You