Comscore Tracker

Indosat Gandeng Bobble AI, Ciptakan Keyboard Smartphone  

Banyak fitur menarik biar chat makin seru, ada apa saja?

Jakarta, IDN Times - Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Bobble AI, sebuah platform media percakapan bertenaga artificial intelligence (AI) dalam menciptakan keyboard untuk smartphone berbasis android. Inovasi produk baru ini menyasar lebih dari 50 juta pengguna di seluruh dunia. 

Keyboard ini telah terintegrasi di dalam versi Android dari myIM3, aplikasi pelayanan mandiri Indosat Ooredoo.

"Pelanggan Indosat Ooredoo kini dapat membuat percakapan mereka jauh lebih ekspresif, personal, dan lebih cerdas dengan penggunaan fitur Bobble yang unik di aplikasi Android myIM3," kata Chief Commercial Officer, Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Sing dalam keterangan tertulis, Rabu (2/6/2021). 

Baca Juga: Selamat! Indosat Catatkan Laba Bersih Rp172 Miliar 

1. Menyasar 3 segmen bisnis

Indosat Gandeng Bobble AI, Ciptakan Keyboard Smartphone  indosatooredoo.com

Founder dan CEO, Bobble AI, Ankit Prasad mengatakan kemitraan ini menawarkan peluang luar biasa bagi mitra ekosistem Bobble AI di Indonesia untuk mempromosikan layanan digital mereka melalui tiga segmen bisnis.

Pertama, conversation media marketing untuk merek konsumen. Kedua, programmatic advertising. Ketiga, integrasi dan distribusi layanan digital, yang akan menciptakan nilai tambah yang sangat besar bagi pelanggan dan pebisnis.

"Kemitraan dengan Indosat Ooredoo sejalan dengan visi Bobble AI yang lebih besar untuk mengeksplorasi sinergi dengan perusahaan telekomunikasi global dan produsen smartphone di berbagai wilayah," kata Ankit. 

2. Fitur menarik dari keyboard Indosat dan Bobble AI

Indosat Gandeng Bobble AI, Ciptakan Keyboard Smartphone  Ilustrasi keyboard laptop (IDN Times/Umi Kalsum)

Keyboard ini punya kemampuan mengetik bahasa daerah dan dialek lokal. Ada beberapa fitur menarik dari keyboard ini, seperti:

  1. BigMojis ™: pengalaman 360 derajat ke pengirim dan penerima dengan suara & animasi interaktif.
  2. Baris emoji bertenaga AI: Merekomendasikan emoji secara real-time berdasarkan konteks dan teks masukan dalam lebih dari 100 bahasa.
  3. Tema lokal (statis dan langsung): Tema yang dikurasi untuk pasar Indonesia.
  4. Stiker & GIF, YouMoji yang didukung Augmented Reality (AR), PopText, Lelucon, Kutipan, dalam konteks & bahasa regional.
  5. Pengalaman mengetik dan konten yang dilokalkan dalam lebih dari 60 bahasa lokal, termasuk Bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, Madura, Minangkabau, Banjar, Bali, Bugis, dan lebih dari 130 bahasa internasional utama.

"Pengguna Indosat Ooredoo akan memiliki fleksibilitas untuk mengaktifkan fitur Bobble AI Keyboard melalui berbagai titik masuk dalam antarmuka aplikasi Android myIM3," kata Ankit. 

Baca Juga: Lebaran, Penggunaan Data Indosat Ooredoo Naik 10 Persen

3. Janji Indosat untuk terus berinovasi

Indosat Gandeng Bobble AI, Ciptakan Keyboard Smartphone  Dok. Indosat

Ritesh mengatakan terlepas dari tantangan pandemik COVID-19, Indosat Ooredoo terus meluncurkan penawaran digital baru yang inovatif untuk mendukung gaya hidup online pelanggan. Menurutnya, dengan kolaborasi unik semacam bersama Bobble AI, Indosat melihat peluang pertumbuhan yang luar biasa tidak hanya dalam hal pendapatan, tetapi terutama dalam merangkul keterlibatan dan loyalitas pelanggan.

"Kami selalu merasakan adanya celah kebutuhan, di mana kami dapat mengaktifkan penyedia layanan digital melalui antarmuka yang sangat menarik," katanya.

Ankit menambahkan, "Tren global seperti adopsi teknologi dan penyebaran internet yang serba cepat, ditambah dengan penetrasi smartphone menuntut bisnis untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen mereka dan pada dasarnya membuat layanan mereka mudah diakses, secara harfiah di ujung jari."

Baca Juga: Indosat Ooredoo Rombak Jajaran Komisaris, Syeikh Mohammed Jadi Komut

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya