Comscore Tracker

Isoman di Atas Kapal Laut, Erick Thohir: Bukti Kehadiran Pemerintah

Banyak fasilitas menarik untuk isoman di sini

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir meminta warga Medan yang terpapar virus corona memanfaatkan fasilitas isolasi mandiri terapung (isoter) di atas kapal laut KM Bukit Raya yang bersandar di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.  

"Ini langkah inovasi dan bukti kehadiran pemerintah yang bisa dilakukan di daerah lain yang butuh ruang isolasi dalam jumlah besar," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Minggu (22/8/2021).

1. Bisa menampung hingga 450 pasien

Isoman di Atas Kapal Laut, Erick Thohir: Bukti Kehadiran PemerintahMenteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau fasilitas isolasi mandiri terapung (isoter) di atas kapal laut KM Bukit Raya (Dok. Kementerian BUMN)

Fasilitas sarana tempat tidur yang ada di KM Bukit Raya berjumlah 450 unit untuk pasien dan 13 unit untuk tenaga kesehatan. Sarana isoter di atas KM Bukit Raya ini disiapkan oleh PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo 1 dengan menyediakan pelayanan dan fasilitas bersandar di dermaga bagi kapal laut milik PT Pelni tersebut.

Menurut Dirut Pelindo 1, Prasetyo, pihaknya dan Pelni membuat beberapa program kegiatan pendukung untuk para pasien isoter, seperti kegiatan olahraga dan rekreasional untuk mengusir kejenuhan.

“Kami menyediakan fasilitas olah raga senam, tenis meja, dan catur. Sedangkan untuk kegiatan rekreasional, kami menyiapkan fasilitas memancing, bioskop, berjemur, dan snack and coffee time bekerja sama dengan UMKM setempat," kata Prasetyo.

Pelindo 1 juga memastikan keamanan di lingkungan kapal, membuka akses/jalur khusus ke kapal isoter, pembatasan akses ke kegiatan bongkar muat, dan suplai air bersih melalui PDAM Tirtanadi.

Baca Juga: 11 Panduan Isolasi Mandiri di Rumah Sekeluarga, Harus Disiplin!

2. Warga Medan yang mau isoman bisa merapat ke KM Bukit Raya

Isoman di Atas Kapal Laut, Erick Thohir: Bukti Kehadiran PemerintahIlustrasi isolasi mandiri (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Erick Thohir mengatakan Presiden Jokowi sebelumnya meminta pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi harus maksimal, terutama dalam penyediaan fasilitas isolasi.

“Karena sudah dilengkapi dengan fasiltas dari pemerintah, berupa pendampingan, layanan nakes dan obat-obatan. Mohon para warga yang ada di Medan yang butuh ruang isolasi dengan fasilitas lengkap, kami sarankan jangan ragu bergabung dalam isoter,” ujar Erick.

3. Kunci penanganan COVID-19 adalah sarana yang memadai

Isoman di Atas Kapal Laut, Erick Thohir: Bukti Kehadiran PemerintahKemenhub sedang melakukan pemantauan di stasiun kereta api dan terminal bus (dok. BKIP Kemenhub)

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menilai salah satu kunci menangani COVID-19 adalah penyediaan fasilitas isoter yang memadai. Menurutnya  selama ini fasilitas isolasi mandiri ada di darat, dan kebetulan kapal Pelni tidak berkegiatan selama masa pandemi.

"Kita berinisiatif menggunakannya sebagai isoter. Saat isoter pertama diluncurkan di Makasar hasilnya sukses. Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung, terutama kepada para nakes yang telah melayani dengan sepenuh hati," kata Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Kabar Baik! BOR Isolasi COVID-19 di Jakarta Turun Jadi 27 Persen

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya