Comscore Tracker

Jalan Tol Layang Japek Siap Digunakan Saat Natal dan Tahun Baru 

Tarif masih gratis sampai ada penentuan dari operator

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menyatakan jalan Tol Layang Jakart Cikampek (Japek) sepanjang 36,4 Km siap digunakan untuk mendukung Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Jalan tol ini nantinya masih gratis sambil menunggu uji coba dan penetapan tarif dari operator. 

"Masih gratis seperti biasa, nanti pada saat peresmian operatornya yang punya, karena mereka investornya," kata Sugiyartanto di tol layang Japek, Kamis (12/12).

1. Uji coba dan respons masyarakat sebelum penentuan tarif

Jalan Tol Layang Japek Siap Digunakan Saat Natal dan Tahun Baru Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto (IDN Times/Helmi Shemi)

Begitu tol layang ini diresmikan, nantinya akan dilakukan uji coba dan pemerintah akan mendengar masukan dari masyarakat. 

"Setelah itu pembahasan tarif, penetapan tarifnya nanti setelah finalisasi kan ada hitung-hitungannya yang tahu tarif biasanya konseptornya," ujar Sugiyartanto. 

Uji coba akan diperuntukkan bagi kendaraan golongan I demi mendapatkan kecepatan maksimal 80 Km per jam. 

"Karena kalau bus biasanya kecepatannya lebih rendah. Termasuk juga golongan IV dan V kalau lewat atas berarti nanti bukan waktu tempuh yang turun, malah bertambah," imbuh Sugiyartanto. 

Baca Juga: Siap Berfungsi Akhir 2019, Tol Japek II Uji Kelaikan Beban Hari Ini

2. Fasilitas yang ada di tol layang Japek

Jalan Tol Layang Japek Siap Digunakan Saat Natal dan Tahun Baru Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek) (IDN Times/Helmi Shemi)

Jalan tol layang tersebut dilengkapi dengan 8 akses jalur darurat atau titik putar (u-turn) yang terhubung dengan setiap simpang susun (interchange) di jalur eksisting. 

Tujuannya agar ketika ada kondisi darurat bisa segera ada akses evakuasi lewat interchange yang dilengkapi tangga ke bawah. Delapan titik tersebut ada di KM 13, 17, 21, 24, 28, 31, 36 dan 38. 

Selain itu akan ada tangga darurat bagi akses orang yang lokasinya persis di setiap jalur darurat. Tol ini juga dilengkapi emergency parking bay di tiap 10 km. Untuk ke arah timur (Jakarta-Karawang), lokasi parkir darurat ada di km 20 dan km 41. Juga ada arah barat (Karawang-Jakarta), yang lokasinya berada di km 39 dan km 22. 

3. Mengenai jalan tol layang Japek

Jalan Tol Layang Japek Siap Digunakan Saat Natal dan Tahun Baru Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek) (IDN Times/Helmi Shemi)

Jalan Tol Layang Japek berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500). Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan Tol Layang Japek. Pengusahaannya dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) yang merupakan anak usaha dari PT Jasa Marga.

Proyek pembangunan Jalan Tol Layang Japek dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk  (Kerjasama Operasi) dengan biaya konstruksi sebesar Rp 11,69 triliun. 

Jalan tol ini memilki 9 Zona Konstruksi yakni, Zona I Cikunir – Bekasi Barat sepanjang 2,94 km, Zona II Bekasi Barat – Bekasi Timur sepanjang 3,42 km, Zona III Bekasi Timur – Tambun sepanjang 4,40 km, Zona IV Tambun – Cibitung sepanjang 3,30 km, Zona V Cibitung – Cikarang Utama sepanjang 4,66 km, Zona VI Cikarang Utama – Cikarang Barat sepanjang 1,96 km, Zona VII Cikarang Barat – Cibatu sepanjang 3,11 km, Zona VIII Cibatu – Cikarang Timur sepanjang 3,00 km, dan Zona IX Cikarang Timur – Karawang Barat sepanjang 9,58 km.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi 15 Desember, Gratis 15 Hari

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Umi Kalsum

Just For You