Comscore Tracker

Jangan Lupa, Tengah Malam Ini Pendaftaran Terakhir Kartu Prakerja!

Batasnya hari ini, Rabu (12/8/2020) jam 24.00

Jakarta, IDN Times - Bagi kamu yang belum mendaftar program kartu prakerja gelombang IV, jangan lupa untuk segera mendaftar ya. Karena Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengumumkan pendaftaran terakhir adalah malam ini, Rabu (12/8/2020) pukul 24.00 WIB.

"Hingga saat ini jumlah pendaftar tercatat lebih dari 1,2 juta orang yang datang dari seluruh provinsi, termasuk mereka yang diusulkan oleh Kemenaker/BPJS-TK," kata Head of Communications Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/8/2020).

1. 800 ribu orang peserta lolos akan diumumkan akhir pekan ini

Jangan Lupa, Tengah Malam Ini Pendaftaran Terakhir Kartu Prakerja!(Anggaran kartu prakerja dari Kemenko Perekonomian) IDN Times/Arief Rahmat

Louis mengatakan nantinya akan ada 800 ribu peserta terpilih yang akan mengikuti program Kartu Prakerja Gelombang IV. Peserta yang lolos tahap adminstrasi ini akan diumumkan pada Minggu, 16 Agustus 2020.

"Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja akan mengirimkan SMS pemberitahuan kepada mereka yang menerima Kartu Prakerja Gelombang IV," kata Louisa.

Baca Juga: Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

2. Gelombang V akan dibuka pada Sabtu besok

Jangan Lupa, Tengah Malam Ini Pendaftaran Terakhir Kartu Prakerja!(Ilustrasi tampilan aplikasi kartu prakerja) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kalau pada gelombang I sampai III kemarin kamu belum lolos masuk program Kartu Prakerja, kamu bisa mencobanya lagi pada Sabtu, 15 Agustus 2020. Sebab, PMO akan langsung membuka pendaftaran gelombang V program Kartu Prakerja.

"Mereka yang belum menjadi penerima Kartu Prakerja dapat mendaftar di Gelombang V," ujar Louisa.

3. Gelombang IV kartu prakerja dibuka meski molor dari jadwal

Jangan Lupa, Tengah Malam Ini Pendaftaran Terakhir Kartu Prakerja!Konferensi pers Perpres 76 Tahun 2020 Kartu Prakerja (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pemerintah akhirnya memastikan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 akan dibuka pada Sabtu, 8 Agustus 2020. Pengumuman ini sekaligus menjadi kelanjutan dari program Kartu Prakerja yang sempat terhenti pada Mei 2020 lalu.

Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono mengatakan untuk gelombang 4 akan dibuka sebanyak 800 ribu peserta. Jumlah ini meningkat hampir tiga kali lipat dari gelombang-gelombang sebelumnya yang hanya 300 ribu peserta.

"Jadi kuota sudah ditetapkan 800 ribu per batch. Ke depannya (kuota pendaftaran) tetap 800 ribu kecuali nanti ada keputusan lain di komite Kartu Prakerja," ujarnya.

Dengan dibukanya kuota sebanyak 800 ribu peserta, lanjut Susi, penyelesaian program Kartu Prakerja untuk 5,6 juta orang bisa selesai pada Oktober 2020. Selanjutnya, pemerintah akan melakukan evaluasi untuk memastikan kelanjutan program tersebut.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka 8 Agustus untuk 800 Ribu Peserta

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya