Comscore Tracker

Jumlah Pendaftar Kartu Prakerja Meledak, Hampir 6 Juta Orang 

Terbanyak dari Jabar, Jateng, Jatim, Jakarta dan Banten

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan antusiasme kartu prakerja sangat besar. Data per 16 April 2020 pukul 16.00 WIB, terdapat 5.965.048 pekerja yang mendaftar kartu prakerja.

Pemerintah melakukan berbagai seleksi sehingga mendapatkan angka penerima kartu prakerja sebanyak 2.078.026 pekerja.

"Dilakukan verifikasi email itu sebanyak 4.428.669 user. Diverifikasi berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) 3.294.190 user. Kemudian diproses lagi dengan data yang ada dari kementerian dan lain, " kata Airlangga dalam video conference, Kamis (16/4).

1. Banyak berasal dari Jawa Barat dan daerah terdampak virus corona lainnya

Jumlah Pendaftar Kartu Prakerja Meledak, Hampir 6 Juta Orang IDN Times/Reja Gussafyn

Baca Juga: Program Kartu Prakerja akan Gagal jika Pemerintah Abai 3 Hal ini

Dari 5 juta pendaftar kartu prakerja, Airlangga menyebut kebanyakan berasal dari daerah-daerah yang paling parah terdampak virus corona atau COVID-19. Mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Banten.

"Kemudian daerah-daerah yang memang diprediksi mengalami terjadi akibat pandemi ini terjadi kebutuhan meningkat bagi mereka yang ter PHK atau dirumahkan atau UMKM yang mengalami kesulitan beroperasi," ujar Airlangga.

2. Peserta pelatihan akan dapat notifikasi SMS

Jumlah Pendaftar Kartu Prakerja Meledak, Hampir 6 Juta Orang Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) bersama Gubernur BI Perry Warjiyo (kiri) dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso memberikan keterangan pers sesuai bertemu dengan Presiden Joko Widodo terkait penanganan dampak virus corona terhadap sektor ekonomi Indonesia di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bagi dua juta pekerja yang lolos, pemerintah secara bertahap akan mengirimkan notifikasi SMS untuk bisa memulai pelatihan. SMS akan dikirim mulai Sabtu (18/4) sampai Senin (20/4) pukul 10.00 WIB.

Namun bagi yang belum menerima SMS, Airlangga mengatakan kamu tidak perlu registrasi ulang.

"Nanti akan diberikan email untuk link di smartphone untuk ikut gelombang 2 dan seterusnya, sehingga tidak perlu ulang semua proses yang sudah dibuat di awal. Ini akan disampaikan melalui notif," katanya.

3. Penerima kartu prakerja akan dapat insentif, ini besarannya

Jumlah Pendaftar Kartu Prakerja Meledak, Hampir 6 Juta Orang Alokasi anggaran Kartu Prakerja. IDN Times/Rahmat Arief)

Bagi penerima kartu prakerja, masing-masing akan mendapatkan insentif bantuan pelatihan sebesar Rp3,55 juta. Rinciannya, biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan (Rp2,4 juta), plus insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali.

Peserta bisa mengikuti sebanyak 2.055 pelatihan yang bisa diikuti di 198 lembaga melalui 8 platform yang menjadi mitra. 8 platform tersebut adalah Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, dan Sekolahmu dan Kemenaker.

"Jenis pelatihan beragam, dan diharapkan akan ada banyak pilihan bagi 200 ribu pertama yang mengikuti atau lolos gelombang pertama," kata Airlangga.

 

Baca Juga: Penerima Kartu Prakerja Sudah Bisa Pelatihan 20 April, Bakal Di-SMS

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya