Comscore Tracker

Kisah Ciputra dan Topi Kesayangannya

Topi baret berwarna biru itu ikut dikuburkan bersama Pak Ci

Bogor, IDN Times - Chairman dan Founder Ciputra Group, Ciputra telah dimakamkan di pemakaman keluarga, Desa Sukamaju Jonggol, Jawa Barat, Kamis (5/12). 

Pak Ci, begitu Ciputra biasa disapa, identik dengan topi baretnya yang berwarna biru tua. Topi itu memiliki kenangan tersendiri bagi almarhum. Topi itu pun ikut dikuburkan bersama Pak Ci. 

Seperti apa kisahnya? 

1. Topi khas Pak Ci dipakai sejak 4 tahun lalu

Kisah Ciputra dan Topi KesayangannyaDok.IDN Times/Istimewa

Anak pertama Pak Ci, Rina Ciputra Sastrawinata mengatakan topi itu dipakai Pak Ci sejak 4 tahun lalu. Awalnya Pak Ci enggan memakai topi, namun karena ia merasa dingin saat keluar malam akhirnya ia menggunakan topi. 

"Sesudah beberapa lama kemudian ada keponakan saya, anak dari Pak Candra memberikan sebuah topi dari Amerika yang bentuknya kaya baret. Jadi ayah saya senang pakai itu berfoto di mana-mana," kata Rina. 

Kesukaan Pak Ci memakai topi juga karena terinspirasi dari beberapa pengusaha. Sehingga ia memerintahkan asistennya untuk membelikan beberapa topi. "Jadi kalau foto pakai topi gagah gitu," imbuh Rina. 

Baca Juga: Candra Ciputra Calon Putra Mahkota Ciputra Group? 

2. Topi baret biru adalah kesukaannya

Kisah Ciputra dan Topi KesayangannyaIDN Times / Shemi

Pak Ci memiliki beberapa warna topi, tapi menurut Rina, warna biru menjadi favorit Pak Ci. Terlebih sejak topi tersebut ditempel logo Grup Ciputra. 

"Sehingga akhirnya itu jadi semacam trademark ayah saya ke mana-mana memakai topi. Jadi kalau di ruangan AC hangat , kepalanya tidak kena dingin , untuk malam hari juga enak," kata Rina. 

Topi baret biru tua itu juga yang menemani Pak Ci ke tempat istirahat terakhirnya. Saat prosesi pemakaman, anak ketiga Pak Ci yang juga CEO Grup Ciputra, Candra Ciputra berjalan mendekati makam dan meletakkan topi berwarna biru gelap yang biasa dipakai Pak Ci untuk dikubur bersama sang ayah.  

3. Akhir hayat Ciputra

Kisah Ciputra dan Topi KesayangannyaProsesi pemakaman Ir Ciputra di pemakaman keluarga, di Bogor. (IDN Times/Helmi Shemi)

Ciputra berpulang di usia 88 tahun pada hari Rabu, 27 November 2019 pukul 01.05 waktu Singapura. Sebelumnya jenazah Ciputra telah disemayamkan di Ciputra Artprenuer Ciputra World I, retail podium lantai 11 Jalan Prof Dr Satrio kav 3-5 Kuningan, Jakarta.

Prosesi pemakaman Ir Ciputra berlangsung Kamis (5/12) sekitar pukul 11.00 WIB. Jenazah Pak Ci itu dibawa menggunakan peti jenazah berwarna cokelat dengan ditutup bendera Ciputra Group dengan latar belakang warna cokelat. Ir Ciputra dimakamkan dekat makam orang tuanya yang berjarak sekitar 3 meter. 

Baca Juga: Kenangan Mendalam Susy Susanti tentang Jasa Ciputra pada Kariernya

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You