Comscore Tracker

Libur Panjang Idul Adha, Pertamina Jamin Stok BBM Aman

Banyak kendaraan yang keluar dari Jakarta

Jakarta, IDN Times - Momen Idul Adha dan libur akhir pekan yang panjang biasanya banyak warga yang keluar, baik untuk merayakan Idul Adha bersama kerabat atau sekadar berjalan-jalan. Tapi gimana ya stok BBM saat Idul Adha seperti ini?

Tidak perlu khawatir, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III mengatakan pihaknya telah mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada momen Idul Adha. Salah satunya melalui pemenuhan stok BBM di SPBU, terutama SPBU yg berada di jalur tol.

"Kami memastikan layanan kebutuhan BBM pada masa Idul Adha. Hari Raya yang jatuh pada hari Jumat ini, sekaligus dimanfaatkan masyarakat untuk berakhir pekan," kata Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Dewi Sri Utami dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/7/2020).

1. Disiapkan SPBU di sejumlah ruas tol

Libur Panjang Idul Adha, Pertamina Jamin Stok BBM AmanDok. PT Pertamina MOR IV

Gak perlu risau, karena sepanjang ruas tol Jakarta-Cikampek, Pertamina telah menyediakan SPBU di Rest Area KM19, KM39, dan KM57. Sedangkan, Ruas Tol Cikampek hingga Cirebon, SPBU berada di Rest Area KM102, KM166, KM207, dan KM228.

Selain memastikan kesiapan stok, Pertamina juga senantiasa menjaga kebersihan SPBU dan menjalankan protokol pencegahan COVID-19. Salah satunya melalui penyemprotan disinfektan di SPBU.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tetap mematuhi protokol COVID-19 selama berada di SPBU," ujar Dewi.

Baca Juga: Mudik Idul Adha, 192.103 Kendaraan Tinggalkan Jakarta  

2. Kamu gak perlu keluar dari mobil buat isi bensin

Libur Panjang Idul Adha, Pertamina Jamin Stok BBM AmanIDN Times/Dwi Agustiar

Dewi menambahkan kalau saat bertransaksi di SPBU, kamu dapat tetap berada di dalam kendaraan. Kalau diperlukan keluar dari kendaraan, kamu wajib menjaga jarak aman minimal 1 meter dari operator SPBU.

Kamu juga diharapkan tetap menggunakan masker, mencuci tangan di fasilitas yang telah disediakan setelah melakukan pengisian bahan bakar, serta melakukan pembayaran non tunai.

3. Banyak kendaraan keluar Jakarta

Libur Panjang Idul Adha, Pertamina Jamin Stok BBM AmanIlustrasi Jalan Tol. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Berdasarkan data Pertamina, pada hari ini SPBU 3341201 di Rest Area KM102A Ruas Tol Cipali terlihat padat kendaraan, dengan mayoritas merupakan mobil pribadi. Hal ini sejalan dengan intensitas kendaraan di dalam ruas tol yang meningkat sejak Kamis, 30 Juli 2020 malam.

Di H-1 Hari Raya Idul Adha 1441 H kemarin, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat total 192.103 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

Volume lalu lintas (lalin) pada H-1 Hari Raya Idul Adha 1441 H yang meninggalkan Jakarta ini naik 56,1 persen dibandingkan dengan lalin normal.

 

Baca Juga: Catat! Ini Protokol Kesehatan Lengkap Kurban Hingga Salat Idul Adha

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya